TRANSLAMPUNG.COM–TUBABA. Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), menggelar pelatihan untuk anggotanya dalam rangka menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul terutama di profesinya, dan ditargetkan tahun 2021 bisa ditopang dengan fasilitas yang lengkap.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Damkar Nur Budiman, saat dikonfirmasi translampung.com via telepon, pada Rabu (11/12/2019) pukul 14.00 Wib.

“Saat ini kita telah menggelar pelatihan untuk petugas Damkar, yang dilaksanakan selama 3 hari, sejak tanggal 10-12 Desember. Dalam pelatihan ini, kami mendapat referensi dari BPBD Provinsi dan pihak terkait lainnya seperti RAPI, tentang bagaimana cara mengevakuasi korban, menangani api dengan baik, dan cara yang efektif, cepat, tepat, serta cara perawatan Mobil atau fasilitas pemadaman lainnya, dan ada juga nanti diberikan buku panduannya untuk petugas agar bisa terus dipelajari,” kata Nur Budiman.

Namun, lanjut Budiman, tidak dapat dipungkiri bahwa SDM yang unggul harusnya ditopang dengan fasilitas atau sarana prasarana yang baik pula. Untuk itu, kami akan mengajukan usulan di tahun 2020 nanti, agar ada penambahan mobil baru Damkar, serta pembuatan POS untuk petugas yang piket, karena POS yang ada saat ini kurang layak.

“Jadi ditargetkan tahun 2021 bisa terealisasi, karena tahun depan kami akan terus mengajukan usulan-usulan agar mendapat perhatian, apalagi salah satu Raperda yang disahkan hari ini yaitu tentang Penanggulangan Kebakaran, yang diusulkan langsung oleh DPRD Tubaba, sehingga diharapkan ada peningkatan pelayan kita terhadap masyarakat,” imbuhnya. (D/R)