TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Al-Furqon Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, menggelar pelatihan dan manasik Haji, pada Minggu (19/01/2020).

Pelatihan tersebut untuk membantu para Calon Jamaah Haji (CJH) Tubaba tahun keberangkatan 2020, yang mana kegiatan tersebut dilaksanakan setiap akhir pekan dan bertempat di gedung Roudhoh Pondok Modern Al – Furqon, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT).

Dikatakan Ustadz Sutari Cahyono, S.Pd.I selaku kepala Administrasi mendampingi Pimpinan KBIHU Al-Furqon KH.Muhyiddin Pardi. Bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan bekal ilmu sebagai modal dasar dalam melaksanakan ibadah Haji di Tanah Suci.

“Kami sekedar membantu, agar Calon Jamaah Haji tidak menemui hambatan, semua kami berikan bimbingan yang kontinyu, agar semua bisa nyaman dan leluasa dalam beribadah, sehingga bisa mendapatkan Haji yang mabrur,” kata Sutari Cahyono.

KBIHU Al-Furqon ini, lanjut Sutari, merupakan lembaga yang dikelola oleh para alumni Haji Tubaba di bawah asuhan KH.Muhyiddin Pardi.

Sementara itu Pimpinan KBIHU KH. Muhyiddin Pardi mengungkapkan, bahwa bimbingan manasik Al-Furqon ini telah ada sejak 12 Desember 2012 M atau 6 safar 1433 H dan sudah banyak alumninya yang tersebar di seluruh Kecamatan di Tubaba.

“Awalnya kami tidak ada niatan untuk mendirikan bimbingan ini. Namun, karena permintaan dari para Calon Jamaah Haji yang ingin di bimbing membuat kami tergerak untuk membantu para tamu Allah dengan ikhlas. Dan pada musim Haji tahun 2020 ini, kami sudah menerima sekitar 65 orang CJH, semuanya datang dengan sendirinya dan ingin mendapatkan bimbingan yang rutin,” imbuhnya. (D/R)