TRANSLAMPUNG.COM,SRAGI – Waraga desa Mandala sari, Kecamatan Sragi Kabupaten Lamsel memilki kerajin opak bakar sebagai sumber ekonomi masyarakat pada dibidang industri rumahan.

Menurut Juju (45) salah seoarang ibu pengarajin makanan opak bakar mengatakan, pembuatan opak ini ia lakukan bersama para ibu-ibu untuk memenuhi kebutuhan acara hajatan warga sekitar.

“Opak ini, terbuat buat dari bahan nasi ketan yang dibakar untuk dihidangkan dimeja saat hajatan warga. Hasilnya cukup lumayan untuk jajan uang dapur,” ungkap Juju, saat Serka Basuni anggota ramil 421-08/palas melakukan komunikasi sosial dirumahnya, Sabtu (19/9/2020).

Untuk bahan bakunya, lanjut dia yakni beras ketan masih sangat memadai. Karena berdampingan dengan para petani. Kerajinan ini juga, tidak dilakukan setiap hari karena dibutuhkan saat ada pesanan warga yang mau hajatan. Tetapi bisa mempekerjakan masyarakat lokal untuk mengisi aktivitas kerja sehari – hari dan mengurangi angka pengangguran diwilayah.

“Terimakasih atas kunjungannnya bapak Babinsa ketempat kami ini. Tentunya merupakan sebuah kebanggaan dan penghargaan bagi kami atas kunjunganya. Mudah-mudahan musim hajatan nanti olahan opak ketan bakar ini bisa meningkat pemesanannya,” kata dia.

Semerntara itu Serka Basuni juga mengatakan kerajinan ini diharapkan agar terus bisa dikembangkan dan diperkenalkan masyarakat lebih luas , sehingga industri rumahan pembuatan opak ketan bakar semakin maju dan berkembang.

“Namun juga saya juga berpesanan terus jaga protokol kesehatan jangan juga diabaikan. Sebab, pandemi covid 19 belum juga hilang hingga saat ini. Tetap serius dan semangat ya bu untuk mengembangkan usaha ini , mudah – mudahan semakin maju,” pungkasnya.(Johan)