TRANSLAMPUNG.COM,PENENGAHAN – Anggota Koramil 03/Penengahan bersama petugas Polisi kehutanan (Polhut) dan masyarakat melakukan patroli disekitar kawasan hutan di Desa Penengahan, Selasa (13/10/2020).

Sertu Abdul halim mengatakan, pelaksanaan patroli kawasan hutan ini untuk melakukan pemeriksaan dibeberapa titik yang terdapat pohon damar untuk melestarikan pohon damar dari oknum perambah hutan yang hanya bisa merusak dan meraup keuntungannya sendiri.

Upaya pelestarian kawasan hutan yang sering dilakukan adalah untuk menjaga kelestarian hutan agar ekosistem dikawasan hutan tetap terpelihara secara baik.

“Hutan ini adalah milik semua makhluk hidup, yang dapat memberikan sejuta manfa’at. Untuk itu,kita selalu melakukan patroli dikawasan hutan untuk melindungi serta mengamankan dari tangan – tangan pelaku perambah hutan. Kedepan akan kita upayakan untuk menanam kembali bibit kayu damar selain kayu getah damar juga dapat dimanfa’atkan untuk kebutuhan hidup dilingkungan masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengajak kades untuk memberikan himbauan kepada masyarakat yang memiliki lahan disekitar hutan agat ikut menanam pohon. “Harapanya agar kawasan hutan tetap hijau dan lestari,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan, Toni salah satu petugas polisi hutan memang sudah seharusnya kita lakukan penanaman bibit pohon kembali terutama tanaman yang memang hidup subur pada habitatnya.

“Tujuannya, untuk mengembalikan kembali kelestarian hutan,” pungkasnya.(Johan)