MESUJI — Dalam memutus penyebaran virus corona atau Covid 19, pemerintah Desa Sidang Kurnia Agung, Kecamatan Rawa Jitu Utara, membagikan ribuan masker scara gratis kepada warganya. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah desa dalam memerangi penyebaran virus yang mematikan itu.

“Total sebanyak 1800 masker telah kami berikan secara bertahap kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Desa Sidang Kurnia Agung, Kecamatan Rawa Jitu Utara, selain warga kita, para pengguna jalan yang kedapatan tidak mengenakan masker kita berikan juga. Ini kami lakukan setelah wilayah Indonesia dinyatakan sebagai pandemi corona virus,” jelas Kepala Desa Sidang Kurnia Agung, Budiyanto kepada wartawan disela-sela pembagian masker, Selasa (21/04).

Ribuan masker tersebut, sambung Budi, telah dibagikan kepada warganya dengan cara door to door dengan menjalankan prosedur dan protaf keamanan.

“Ya, saat memberikan masker ini, kita lakukan dengan menjalankan protaf kesehatan agar tidak terjadi kerumunan yang dapat berpotensi terjadinya penyebaran virus corona,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, sebelum melakukan pembagian masker terlebih dahulu pemerintah Desa Sidang Kurnia Agung telah melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan untuk mekanisme pembagian serta jenis masker yang benar dan sesuai dengan anjuran tim medis.

“Sebagaimana kita ketahui, saat ini menggunakan masker sangat disarankan terutama bagi orang yang bepergian guna mengantisipasi penularan virus corona. Sebab, virus ini terdapat pada percikan air liur orang yang sakit ketika ia bersin, batuk atau bahkan saat berbicara. Dimana menurut para ahli medis, penularan bisa terjadi ketika percikan air liur terhirup orang lain yang ada di sekitar. Untuk itu, memenuhi kebutuhan masker ini maka kami langsung membeli masker yang sesuai standar yang tetapkan oleh pemerintah dan membagikannya secara gratis kepada masyarakat ,” pungkasnya.(nara)