TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Penerima program Maju Sejahtera (Mantra) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, dilakukan pendataan ulang, yang dikarenakan harus mencari Penerima yang baru.

Hal tersebut diketahui pasca Rapat Tertutup Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tubaba, bersama Dinas Sosial (Dinsos) pada Selasa (28/4/2020) sekitar pukul 11.00 Wib.

Dikatakan Plt Kepala Dinas Sosial Somad, didampingi Muhammad Yusuf Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos). Bahwa para penerima Mantra sebelumnya telah kita kirimkan datanya untuk menjadi penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial.

“Kalau untuk program bantuan Mantra Tubaba, uangnya memang sudah ready, hanya saja belum kita salurkan karena pemerintah pusat meminta data ke daerah untuk waktu yang cepat terkait BLT yang berjumlah 17,615 orang. Maka kami serahkan data warga yang menerima program Mantra sebanyak 13.250, dan sisanya didata dari Tiyuh (Desa). Dan untuk data warga terbaru sedang didata kembali, untuk menerima program bantuan dari Mantra,” jelasnya.

Dijelaskan Yusuf, bahwa bantuan program Mantra yang bersumber dari APBD Kabupaten Tubaba, sementara ditunda penyalurannya menunggu kebijakan pimpinan.

Sementara itu, Ketua Komisi 1 DPRD Tubaba Yantoni, menyarankan kepada Dinas terkait untuk melakukan pendataan secara manual saja, agar tidak terjadi tumpang tindih, sehingga berbagai penyaluran bantuan dapat merata.

“Kita tekankan kepada Dinas Sosial, agar segera melakukan pendataan penerima program Mantra dalam waktu yang secepatnya, dan meminta semua data by name by address dari berbagai jenis bantuan yang akan disalurkan,” imbuhnya. (D/R)