Lampung Barat – Tahun 2021, Pemerintah Kecamatan Suoh, Lampung Barat (Lambar) optimis Tujuh pekon lolos open defecation free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan. Jumat (5/3/2021)

Hal tersebut diungkapkan Camat Suoh, Manda Harto, S.Ip, menyampaikan, hari ini satu pekon melaksanakan verifikasi ODF, “yakni pekon Banding Agung,” jelasnya.

Yang sebelumnya di beberapa pekon kecamatan setempat sudah melaksanakan ODF. Pelaksanaan tidak membuang air besar sembarangan merupakan program pemerintah pusat yang dilanjutkan Dinas Kesahatan Lampung Barat

Dilanjutkan dalam hal ini UPT Puskesmas Srimulyo juga ikut serta Babinsa, Peratin dan perwakilan masyarakat pekon setempat. “Saya yakin dan optimis program ODF di Suoh bakal lolos,” ucapnya.

Menurutnya, perlu kerjasama semua pihak untuk mewujudkan prilaku Stop buang air besar ditengah tengah masyarakat, hal ini tentunya butuh kepedulian dan komitmen bersama, “targetnya tahun ini Kecamatan Suoh bebas ODF,” harapnya.

Selain itu sebelum pelaksanaan ODF, pemerintah kecamatan melaksanakan senam sehat bersama TP PKK Kecamatan dan Pekon yang merupaka agenda rutin.

Lalu lanjut Mandala, setelah senam pihaknya melaksanakan Gotong-royong Jum’at bersama di Pekon Tugu Ratu dan pembinaan Persiapan Evaluasi perkembangan Pekon atau “lomba pekon yang segera di helat akhir maret,” pungkasnya. (aris/safri)