TRANSLAMPUNG.COM.PESAWARAN -Menindak lanjuti intruksi Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona selaku Camat Punduh Pidada Darlis SE melaksanakan monitoring di lokasi titik rawan bencana banjir yang ada di beberapa desa di kecamatan Punduh Pidada Kabupaten pesawarna 

Menurut Darlis SE.Hal ini dilakukan untuk mendukung Program Percepatan Kesiap siagaan Penangan Banjir di musim hujan, sesuai dengan intruksikan oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalaui dinas terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakayat (PU PR) Pesawaran.

“Langkah resfektip bapak Dendi Ramadhona ini lataran begitu perhatianya terhadap kepentingan masyarakat dengan menurunkan alat berat untuk melakukan normalisasi sungai salah satunya di Desa Sokamaju ini ,”kata Darlis saat di wawancari seusi melaksanakan monitoring di beberapa titik rawan banjir.Senin (13/01/2020).

Menurut Darlis bahwa di kecamatan Punduh Pedada ini ada tiga titik rawan banjir seperti Di Desa Sokamaju,Desa Bawang, Dan di Way Cambai Desa Sukajaya Pidada, dan natinya titik-titik rawan banjir ini akan di tangani secara bertahap.dan saat ini penaganan yang sangat di prioritaskan di Desa Sokamaju karna di titik rawan banjir berdekatan dengan pasilitas umum seperti sekolahan dan pasilitas umum yang lainya.

“Nah,saat ini alat berat sudah di turunkan dari pihak PUPR untuk mengerjakan pendalaman dan penanggulan Aliran Sungai Way Soka di Desa Suka Maju, mudah -mudahan dengan adanya program ini bisa mencegah adanya bencana banjir ,Intinya lebih baik mencegah dari pada menanggulangi bencana ,”ucapnya.

Darlis juga menjelaskan bahwa selain melaksanakan monitoring di setiap titik bencana dirinya juga melakukan sosialisasi kepada pihak Desa agar program ini bisa terlaksana pasalnya dalam program Respektif ini tidak di anggarkan dalam APBD Pesawaran.

“Kegiatan ini danaya dari bantuan dinas- dinas terkait ,jadi saya harap kepada para kepala desa supaya bisa juga memberikan kontribusi dan merespon positif karna demi kepentingan bersama ,”ucapnya.

Sementara selaku kepala Desa Sokamaju Virman mengatakan dengan adanya program ini masayarakat di desa Sokamaju sangat menyambut baik karna di wilayah titik penyebap adanya bajir ini sudah di lakukan pengerukan sedimen dengan menggunakan alat berat dari bantuan pihak Dinas PUPR.

“Masyarakat disini memang mengharapkan adanya alat berat untuk menormalisasi aliran sungai yang ada di desa ini,kara saat ini sepanjang aliran sungai di Desa Sokamaju ini sudah terlihat dangkal sekali,”pungkasnya (ydn).