TRANSLAMPUNG. COM, PESIBAR -Bupati Kabuapten Pesisir Barat (Pesibar) membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VII tingkat kabupaten tahun 2020. Di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah. Selasa (03/03).

Dalam Laporan Ketua LPTQ Kabupaten Pesisir Barat Ir. N.Lingga Kusuma.,MP memaparkan bahwasanya kegiatan MTQ ini dilaksanakan selama enam hari dengan tema “melaui MTQ yang ke-VII Kabupaten Pesisir Barat kita tingkatkan pemahaman nilai-nilai Al-Qur’an menuju Pesisir Barat yang Madani, Mandiri dan Sejahtera. Selanjutnya disampaikan pula bahwa MTQ yang ke-VII diikuti oleh 365 peserta dari 11 kecamatan.

Selanjutnya, sambutannya Bupati Agus Istiqlal mengatakan suatu kebahagiaan karena pada malam ini, kita kembali dapat berhimpun bersama para qori dan qoriah, hafizh dan hafizhah terbaik, serta para kafilah dari seluruh kecamatan se Kabupaten Pesisir Barat dalam rangka pelaksanaan MTQ kabupaten yang setiap tahun rutin digelar.

“Selain untuk mendapat berkah dari Allah SWT dan kian meneguhkan iman dan taqwa kepada-Nya, semoga kehadiran kita di tempat ini semakin menguatkan ukhuwah islamiyah khususnya bagi umat islam di Kabupaten Pesisir Barat, “ujarnya

Al-Qur’an, kata dia, merupakan kitab suci yang penuh dengan inspirasi dan motivasi, agar umat manusia bisa memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak serta menciptakan generasi-generasi rabbani nan qurani yang handal dan berakhlakul karimah.

“Untuk itu salah, satu upaya umat islam dalam menjaga Al-Qur’an ialah dengan melaksanakan MTQ, karena melalui ini kita dapat mensyi’arkan agama islam, ” ungkapnya.

Masih menurut dia, semoga kegiatan ini benar-benar dijadikan filter berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tak selaras dengan kandungan Al-Qur’an mari kita jadikan MTQ ke-VII ini pondasi untuk menjadikan masyarakat terutama generasi muda, untuk senantiasa melakukan perubahan ke arah kebaikan, serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi penerus bangsa yang qur’ani.

“Kepada qori-qoriah untuk dapat mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya, karena para juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTQ ke-VII tingkat kabupaten ini selanjutnya akan dikirim mewakili Kabupaten Pesisir Barat pada MTQ ke-48 tingkat Provinsi Lampung yang akan berlangsung di Kabupaten Pringsewu, “pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Pesibar Erlina.SP.,MH, Ketua beserta Anggota DPRD, Ketua TP-PKK, perwakilan LPTQ Provinsi Lampung, Unsur Forkopimda Lambar-Pesibar, para kepala OPD, Camat se-Pesibar, seluruh Peratin, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat beserta seluruh tamu undangan. (eko)