TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Bupati Way Kanan Hadir pada acara Rapat Pendahuluan Pengawasan (Entry Briefing) Inspektorat Provinsi Lampung atas penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Way Kanan tahun 2020. Senin, (07/09/2020).

Dalam kegiatan tersebut Bupati Way Kanan menyampaikan, Saya mewajibkan untuk semua Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan agar hadir pada Rapat Pendahuluan Pengawasan Inspektorat Provinsi Lampung, mengingat begitu pentingnya kegiatan ini.
Tentu kita menyadari bahwa jabatan yang saat ini kita emban adalah sebuah amanah yang pertanggungjawabannya selain kepada Tuhan, kita juga harus mampu mempertangung jawabkan akuntabilitasnya kepada masyarakat dan dalam hal ini kita mengharapkan bahwa terciptanya Good Governance di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan dapat terwujud, jelasnya.

Saya menilai penyebab kejadian-kejadian tersebut salah satunya dikarenakan tingkat pengendalian intern yang masih lemah, tata kelola pemerintahan yang belum sepenuhnya mendasarkan pada aturan yang berlaku dan itikad atau prilaku dari para pemegang jabatan yang kurang bertanggungjawab dalam menjalankan tugas dan fungsinya, imbuhnya.

Sebagaimana kita ketahui pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, sebagaimana telah diubah sebanyak dua kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah, disebutkan pada Pasal 8 ayat (2) dinyatakan bahwa Pembinaan dan pengawasan oleh Pemerintah Pusat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (1) terhadap penyelenggaraan Urusan Pemerintahan oleh Daerah kabupaten/kota dilaksanakan oleh gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat, urainya.

Selanjutnya dalam penjelasan disebutkan bahwa mengingat kondisi geografis yang sangat luas, maka untuk efektifitas dan efisiensi pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/kota, Presiden sebagai penanggungjawab akhir pemerintahan secara keseluruhan melimpahkan kewenangannya kepada gubernur untuk bertindak atas nama Pemerintah Pusat untuk melakukan pembinaan dan pengawasan kepada daerah kabupaten/kota. Sehingga sinergitas antara pembinaan dan pengawasan umum dengan pembinaan dan pengawasan teknis akan memberdayakan daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, ungkapnya.

Kemudian sebagai Kepala Daerah maka perlu saya tekankan kembali kepada kita semua, untuk bekerja secara profesional, taat azas dan aturan serta untuk selalu mengarahkan terwujudnya birokrasi yang efisien yang diantaranya ditunjukan melalui penggunaan anggaran untuk kemakmuran masyarakat.
Dan untuk mendukung pelaksanaan pengawasan Inspektorat Provinsi Lampung atas Penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 ini, diperintahkan kepada seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah dapat bersinergi dan memenuhi dukungan terhadap pelaksanaan pengawasan berupa data dan dokumen dan segera berkoordinasi terkait catatan hasil pengawasannya untuk segera ditindaklanjuti, tambahnya.

Sementara itu harapan kita bersama dengan pengawasan yang dilakukan Inspektorat Provinsi Lampung ini akan mampu menjadi early warning, mendeteksi secara dini terhadap hambatan/kendala ataupun risiko telah diidentifikasi dan dianalisis mengenai kemungkinan terjadinya dan dampak pengaruhnya bagi pencapaian tujuan organisasi dalam hal ini Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, terangnya.

Dalam acara tersebut dihari oleh Gubernur Lampung yang diwakili oleh Saudara Inspektur Provinsi Lampung beserta Tim, Sekda, Para Staf Ahli, Asisten, Inspektur, Sekretaris DPRD, Kepala Badan, Dinas, Bagian Setdakab di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, pungkasnya. (ardiyansyah)