Pringsewu – Dalam rangka menjajaki kemungkinan menjalin hubungan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Perum Bulog Divisi Regional Lampung bersilaturahim sekaligus berdialog dengan Wakil Bupati Pringsewu di kediaman Wabup Pringsewu, Selasa (13/7).

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Fauzi, SE, M.Kom., ME.Sy., Akt., CA, CMA didampingi Staf Ahli Bupati Kabupaten Pringsewu Bidang Kemasyarakatan dan SDM Malian Ayub, SE, MM menyambut baik kunjungan tersebut, sekaligus tawaran kerjasama yang disampaikan Perum Bulog Divisi Regional Lampung kepada Pemkab Pringsewu.

Dikatakan wabup, apa yang ditawarkan pihak Bulog nantinya akan disampaikan kepada Bupati Pringsewu Sujadi. Dikatakan juga bahwa produksi beras di Kabupaten Pringsewu selama ini selain untuk mencukupi kebutuhan beras di daerah Pringsewu sendiri, juga banyak terserap ke luar daerah.

“Bagi Pemerintah Kabupaten Pringsewu hal tersebut tidak masalah, karena yang terpenting ketersediaan beras di Kabupaten Pringsewu terpenuhi atau tercukupi”, katanya.

Ditambahkan Wakil Bupati Pringsewu, bahwa areal pertanian di Kabupaten Pringsewu sebetulnya tidak terlalu luas, berada pada kisaran 10 ribu hektar, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan di Kabupaten Pringsewu dan selebihnya bahkan juga dikirim ke luar wilayah.

“Bahkan selain mengirim beras keluar wilayah, menerima beras dari luar daerah pun juga sudah biasa. Yang jelas, peluang untuk bekerjasama masih terbuka, terlebih ini juga dalam rangka penyerapan padi para petani Pringsewu”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Divisi Regional Lampung Faisal mengatakan pihaknya menginginkan adanya kerjasama dengan Pemkab Pringsewu dalam upaya untuk menyerap beras dari para petani, sekaligus untuk pengadaannya. “Sehingga diharapkan perputarannya berlangsung lebih lancar dan cepat”, katanya.

Ia mengungkapkan selama ini ada beberapa daerah di Provinsi Lampung yang menjadi daerah pengadaan utama, diantaranya adalah Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Pesawaran.

“Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu jika ada program bantuan pemerintah daerah terutama beras maupun sembako, bisa berasal dari Bulog. Termasuk, kemungkinan untuk pengadaan beras bagi ASN”, harapnya.

Faisal juga menyebutkan sejumlah produk yang dihasilkan oleh Perum Bulog, diantaranya adalah beras dengan merek Beras Kita, baik jenis premium, beras kemasan sachet, kemudian Gula Manis Kita, Minyak Goreng Kita, Terigu Kita, serta Bakso Kita, serta Beras Fortivit.

“Beras Fortivit ini adalah produk baru Bulog, yakni beras unggulan yang sudah di berikan tambahan vitamin dan mineral sehingga gizinya lebih unggul dibandingkan beras lainnya”, ujarnya.(reza)