METRO – Tingginya curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Metro. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dimbau agar waspada banjir.

“Ada 2 kecamatan yang kita petakan rawan banjir, yakni Kecamatan Metro Timur dan Metro Pusat. Apalagi saat ini curah hujan masih tinggi. Jadi kita imbau masyarakat agar waspada. Terutama membersihkan selokan dan drainase yang tersumbat sampah,” terang Kepala Pelaksana BPBD Kota Metro Pansuri, Kamis (6/2/2020).

Ia mengatakan, sejumlah wilayah di 2 kecamatan yang rawan banjir tersebut diantaranya di Yosorejo, Tejoagung dan Iringmulyo. Lalu di wilayah Kelurahan Hadimulyo Barat Kecamatan Metro Pusat. Karena itu kami mengimbau agar masyarakat dan semua pihak waspada akan potensi bencana ini,” ujarnya.

Diakuinya, kesadaran masyarakat untuk bergotong royong dan menjaga kebersihan juga sangat membantu agar banjir dapata segera diatasi. Utamanya membersihkan selokan yang tersumbat sampah.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan ke BPBD jika ada pohon yang tumbang. Kami. Akan siaga untuk melakukan penebangan pohon. Kita juga sudah punya relawan tanggap bencana di setiap kelurahan. Intinya kita siap siaga 24 jam dalam penanggulangan bencana,” pungkasnya. (ria)