TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, akan melakukan survey peninjauan segmen batas untuk menentukan batas wilayah dengan 2 Kabupaten lainnya.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem), Mansyur, saat dikonfirmasi translampung.com diruang kerjanya, Selasa (27/10/2020) pukul 10.15 Wib.

“Dalam rangka penentuan batas wilayah dan penertiban Administrasi, maka kita bekerjasama dengan Topografi Daerah Militer (Topdam) II Sriwijaya Palembang, untuk melakukan survey lapangan terhadap wilayah Tubaba yang berbatasan langsung dengan 2 Kabupaten yakni, Lampung Tengah dan Lampung Utara,” ungkapnya.

Lanjut dia, adapun tempat-tempat yang menurut data berbatasan untuk Segmen Tubaba – Lampung Tengah adalah Kecamatan Tulangbawang Tengah Tiyuh (Desa) Wonokerto, kelurahan Mulyo Asri, Tiyuh Persiapan Mekar Asri, dan Tiyuh Tunas Asri yang berbatasan dengan Kecamatan Terusan Nunyai Kampung Gunung Batin Udik. Kemudian Kecamatan Tumijajar Tiyuh Margo Mulyo, dan Gunung Menanti yang berbatasan dengan Kecamatan Terusan Nunyai Kampung Sindang Agung.

“Sementara untuk Tubaba – Lampung Utara adalah Kecamatan Tumijajar Tiyuh Gunung Menanti, Sumberejo, Makarti, Daya Sakti, yang berbatasan dengan Kecamatan Abung Timur Desa Kantong Rejo Mulyo, Kecamatan Abung Semuli Desa Gunung Keramat, Kecamatan Abung Surakarta Desa Bumi Raharja, Purbasakti, Bandar Sakti, Karya Sakti. Kemudian Kecamatan Tulangbawang Udik Tiyuh Way Sido berbatasan dengan Desa Karya Sakti,” terangnya.

Menurutnya, rencana kegiatan pelacakan Segmen Batas itu akan dilakukan pada November 2020 bersama tim yang terdiri dari beberapa instansi terkait, termasuk Camat, Kepala Tiyuh, dan tokoh masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya upaya ini dapat memberikan kejelasan terhadap batas-batas wilayah Kabupaten Tubaba terutama terhadap 2 Kabupaten tersebut, sehingga Administrasi dapat berjalan sebagaimana mestinya,” imbuhnya. (D/R)