TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, melakukan Roadshow untuk memberikan edukasi dan pelatihan keseluruh Tiyuh (Desa) se-Tubaba.

Dikatakan Kepala Bidang Kebersihan Melalui Kasi Pengolahan Sampah Jony, saat dikonfirmasi translampung.com pada Rabu (05/02/2020) pukul 08.08 Wib. Bahwa kegiatan tersebut dilakukan setiap hari kerja, oleh Tim Tubaba Bersih DLH setempat bersama dua narasumber yang langsung didatangkan oleh bapak Bupati Umar Ahmad dari Jawa Barat.

“Kegiatan ini sudah kita lakukan sejak November 2019 yang lalu, dan ditargetkan selesai di bulan Februari ini. Adapun Narasumbernya adalah ibu Gita noerwardhani yang ahli dibidang sampah nonorganik, dan bapak Budi yang ahli dibidang sampah Organik, dengan tujuan melakukan sosialisasi edukasi tata cara pemilahan sampah kepada masyarakat di Tiyuh,” kata Jony.

Adapun pelatihan yang diberikan, lanjutnya, adalah pembuatan pupuk organik cair Q Mol dan pembuatan kerajinan dari sisa sampah plastik, sehingga masyarakat mengerti bahwa sampah adalah bahan baku yang bisa diolah dan dimanfaatkan.

“Selain itu, kita juga mensosialisasikan untuk dibentuknya Bank sampah, seperti di Tiyuh Pulung Kencana, Wonokerto dan Bank Sampah Mulya Kencana, untuk menjadi pusat di Tiyuh tersebut dalam pengelolaan sampah. Sehingga seluruh masyarakat Tubaba bisa selalu menjaga kebersihan lingkungan dan semakin semangat dalam mewujudkan TUBABA BERSIH – TUBABA BEBAS SAMPAH,” imbuhnya. (D/R)