TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Syahrini Adelia Resya (7), warga Tiyuh (Desa) Karta, Kecamatan Tulangbawang Udik Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), yang sebelumnya diberitakan tidak sengaja masuk ke dalam panci yang berisi air panas di atas tungku masak dari kayu, saat bermain-main dan bercanda dengan saudaranya beberapa waktu lalu, mendapat bantuan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Dikatakan Kepala Dinkes Tubaba Majril, bahwa memang sejak awal kejadian dalam penanganan tim medis Puskesmas Kartaraharja, sebelum pada akhirnya dirujuk ke RSUD Menggala. Untuk itu, Dinkes memfasilitasi untuk pembuatan kartu BPJS gratis, memberikan bantuan makanan tambahan berupa susu dan melakukan penggalangan dana untuk membantu meringankan beban keluarga selama di rumah sakit.

“Hari ini, Rabu (17/06/2020), Kabid Pelayanan Kesehatan, Karyawanto, dan tim kesehatan menuju ke RSUD Menggala untuk menyerahkan bantuan tersebut, dan semoga bantuan yg diberikan dapat bermanfaat bagi pasien dan meringankan beban keluarga,” terang Majril.

Sementara itu, menurut salah satu dokter yang merawat di Puskesmas Kartaraharja, bahwa saat itu pasien masuk dengan luka derajat dua, dengan luas luka bakarnya sampai 46%, karena yang terkena kulit kedua kaki/ paha, bokong, daerah perineal, perut dan dada.

“Pada Selasa (16/06/2020), Dinkes Tubaba sudah berkoordinasi dengan pihak RSUD Menggala untuk memindahkan perawatannya ke RSUD Tubaba, tetapi karena kondisi masih memerlukan perawatan intensif (transfusi darah dan albumin serta debridement luka) maka pasien tersebut tetap dilakukan perawatan di RSUD Menggala sampai kondisi pasien memungkinkan untuk dipindahkan ke RSUD Tubaba,” imbuh Majril. (D/R)