TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2019, PCNU Kabupaten Way Kanan menggelar Perkemahan Santri di Lapangan Kampung Bumi Baru, Kecamatan Blambangan Umpu. (20/10/2019).

Dalam kegiatan tersebut berbagai Perlombaan pun di laksanakan untuk memeriahkan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2019.

Bambang Susilo, SAN, selaku Ketua Pelaksana HSN 2019 Kabupaten Way Kanan menyebutkan, adapun perlombaan yang di gelar yaitu Lomba Hadroh, Lomba Tahfidz, Lomba Tilawah, Lomba Mars Hari Santri, Lomba Mars Syubhanul Wathon dan Lomba Syarhil Qur’an.

“Selain diisi dengan perlombaan yang diikuti ratusan Santri, Kegiatan tersebut juga diisi dengan Kegiatan sosial seperti Donor darah, Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Selanjutnya ada juga pelayanan dari Dinas Dukcapil untuk Pembuatan Akta Lahir, KIA, KTP da KK secara gratis,” ujar Bambang.

Lanjut Bambang, Panitia HSN juga membagikan 1.500 tumbler atau wadah minum untuk mengurangi sampah plastik. Bantuan tumbler tersebut berasal dari Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, SH. MM. Yang berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik serta mendukung pelestarian lingkungan hidup.

“Alhamdulillah, Para santri mengaku senang dengan kegiatan ini. Tujuan HSN 2019 ini adalah untuk mengenalkan identitas dan eksistensi santri kepada masyarakat, memperkuat Nasionalisme dan memperkokoh akidah Ahlussunah Waljamaah,” pungkasnya.

Diketahui bahwa, Perkemahan tersebut di ikuti oleh 600 Santri dari perwakilan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Way Kanan dan akan berlangsung hingga tanggal 22 Oktober 2019 pada Puncak Peringatan Hari Santri Nasional. (Migo).