TRANSLAMPUNG.COM

LAMPUNG UTARA – Bunda Literasi Kabupaten Lampung Utara Hj. Nur Endah Sulastri, S.Pd.,M.M, menerima Audensi Pengurus Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat  (PKBM) Harapan Mandiri di Rumah Jabatan Bupati Lampung Utara, Jum’at (13/11/2020)


Kehadiran Pengurus PKBM Harapan Mandiri Desa Ratu Abung yang dikelola oleh Devi Sriistina bersama pegiat Kampung Literasi setempat yang dipimpin  Kepala Desa Ratu Abung Liyono serta Febry Ardiansyah selaku Ketua Forum TBM Lampung Utara terebut dalam rangka Pengembangan Kampung Literasi yang ada di Dusun Mekar Sari Desa Ratu Abung Kecamatan Abung Selatan.


Dalam kesempatan itu, para pegiat kampung literasi menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan program kampung literasi yang telah dilaksanakan dan mendapatkan dukungan langsung dari beberapa OPD di Kabupaten Lampung Utara, antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian serta Dinas Kesehatan, dalam giat pengembangan 6 literasi dasar yang digalakkan di kampung literasi.


Sementara dalam arahannya, Bunda Literasi Lampung Utara Hj. Nur Endah Sulastri, sangat mengapresiasi  kegiatan kampung literasi dan berharap dapat menjadi contoh bagi desa desa lain agar turut serta mengembangkan  kampung literasi. 
” Manakala kampung literasi yang digerakkan oleh masyarakat dapat terus didukung dan  dikembangkan, maka secara tidak langsung telah mendukung peningkatan sumber daya manusia di desa,” tuturnya


Selain itu Hj Nur Endah Sulastri juga menyampaikan  beberapa hal guna mendukung pengembangan kampung literasi dari beberapa sektor bidang lainnya, seperti kepemilikan dokumen administrasi kependudukan yang seharusnya dimiliki oleh setiap warga masyarakat, merupakan salah satu  indikator yang bisa digunakan untuk mengembangkan literasi kewargaan. 


” Kita berharap melalui kegiatan kampung literasi ini dapat dikembangkan lebih baik dan lebih luas sehingga bisa terwujudnya Kabupaten Literasi melalui Gerakan Literasi Masyarakat Kabupaten Lampung Utara.” ucap Hj Nur Endah Sulastri


Pesan saya, jangan hanya semangat pada saat akan diadakan pencanangan kampung literasi saja kemudian berhenti, tapi terus tingkatkan dan ajak desa sekitar untuk turut mengembangkan kampung literasi di desanya. pungkasnya


Turut hadir mendampingi Bunda Litetasi Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsif Indralina Ariyanti, Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Yeni Sulistina, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Vivi dan  Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Tien Rostina. (Iwan)