“Gratis…? Nanti saya laporkan ke Komandan. Hasilnya saya infokan ke Pak Aqua,” ujar Wakil Kepala Keuangan Kodam IV/Diponegoro Letkol Cku Haryatno pada Sabtu siang tadi (16/1/2021) lewat telefon.

Dari reaksinya setelah mendengarkan ucapan “gratis” dari saya, Haryatno sepertinya kaget dan tidak percaya. Mungkin selama ini belum pernah mendengar ada motivator yang tidak berkenan diberi uang saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan TNI.

Sikap seperti Haryatno – kaget dan tidak percaya – sampai sekarang masih sering saya temukan. Mereka sama sekali tidak menyangka ada pembicara termasuk di saat pandemi Covid-19 ini bersikap seperti itu.

Mereka yang baru mengenal saya, juga tidak tahu kalau saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan TNI dan Polri, saya sering memberi hadiah ke peserta. Mulai dari buku, sejumlah uang, liburan ke Bali dan Yogyakarta, hingga berangkat umroh.

Saya sangat bersyukur dan senang sekali bisa melakukan semua itu. Bahagia banget saat melihat reaksi spontan mereka yang menunjukkan rasa kaget dan bahagia. Apalagi sebelumnya mereka sama sekali tidak membayangkan itu bakal terjadi.

Saat Pandemi Covid-19 Optimalkan Kegiatan Sosial
Saat pandemi Covid-19 ini ketika banyak orang demotivasi karena berbagai sebab termasuk yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), saya berusaha secara optimal meningkatkan kegiatan sosial. Salah satunya dengan intens melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan niatan sepenuhnya ibadah.

Pandemi Covid-19 ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk meningkatkan aktivitas sosial. Banyak orang mengalami cobaan dan membutuhkan bantuan.

Kepada saya, Haryatno mengatakan bahwa Komandannya sedang mencari motivator untuk diundang sebagai narasumber di Bagian Keuangan Kodam IV/Diponegoro. Dari Pasi Binwanwil Korem 073/Makutarama Salatiga Mayor Kav Budi Saroyo yang merupakan teman seangkatannya pendidikan di TNI AD, beliau dapat data tentang saya.

Saya infokan bahwa jadwal saya beberapa bulan ke depan lumayan padat. Dalam bulan ini yang kosong hanya Jumat (22/1/2021). Itupun karena ada penundaan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Korem 072/Pamungkas.

Saya menyatakan siap pada Jumat itu Sharing Komunikasi dan Motivasi ke jajaran Keuangan Kodam IV/Diponegoro. Untuk itu Haryatno tidak usah memberikan apa-apa ke saya.

“Kalau ada cukup plakat saja diberikan ke saya sebagai kenang-kenangan. Jikapun tidak ada ngga apa-apa, sama sekali tidak masalah,” ujar saya ke Haryatno.

Komitmen Sharing Komunikasi dan Motivasi di TNI dan Polri
Selain itu, lanjut saya, tidak perlu disiapkan tiket pesawat dan penginapan. Saya akan menyiapkannya sendiri. Biasanya kalau di Semarang saya menginap di mess Pati yang letaknya persis di belakang rumah dinas Pangdam IV/Diponegoro. Saya sudah sangat familiar dengan tempat itu.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari yang merupakan teman akrab saya, mempersilakan saya untuk sewaktu-waktu menginap di mess tersebut. Tidak hanya itu, laki-laki ramah asal Purwokerto itu juga akan menyiapkan mobil dan sopir jika saya membutuhkan di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan wilayah kerjanya.

Saya sengaja menyampaikan semua itu ke Haryatno agar beliau tahu persyaratan jika mengundang saya untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi. Sehingga jika acara jadi tinggal menyesuaikan saja.

Saya sudah lama berkomitmen kalau diundang untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan TNI dan Polri, tidak mau diberi uang. Cukup dikasih plakat sebagai kenang-kenangan.

Alhamdulillah teman-teman di TNI dan Polri memahaminya. Bahkan mereka mengapresiasi sikap saya tersebut sebagai wujud nyata sumbangsih buat bangsa dan negara.

Dari Bogor saya ucapkan selamat berusaha meningkatkan kegiatan sosial selama pandemi Co. Salam hormat buat keluarga.