Oleh Aqua Dwipayana

Rumah sakit dan tempat-tempat yang disiapkan untuk pasien Covid-19 sudah mulai penuh. Terkait dengan itu berusahalah agar jangan sakit. Laksanakan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten.

Beberapa minggu terakhir ini banyak teman mengontak saya. Terakhir Jumat tadi pagi (25/12/2020). Topiknya sama yakni tentang berbagai rumah sakit yang penuh dengan pasien Covid-19.

Akibatnya mereka atau saudaranya tidak kebagian kamar. Sementara ditempatkan di IGD. Tidak tahu sampai kapan. Semuanya tergantung pada pasien yang sedang dirawat di kamar.
Kondisi ini sangat memprihatinkan. Tidak ada pilihan karena faktanya banyak rumah sakit yang penuh.

Jika dilihat dari data yang dirilis pemerintah, dari waktu ke waktu pasien Covid-19 jumlahnya terus bertambah.

Lakukan Secara Ketat Agar Tetap Sehat
Banyak pemerintah daerah yang berinisitif memanfaatkan gedung-gedung yang ada untuk merawat pasien Covid-19. Ada juga yang menggunakan hotel-hotel di daerah masing-masing.

Penggunaan semua gedung termasuk hotel-hotel dioptimalkan. Tujuannya untuk menampung seluruh pasien Covid-19.

Masyarakat perlu memahami semua itu sehingga taat dan konsisten melaksanakan protokol kesehatan. Jika tetap anggap enteng dengan hal tersebut mereka bisa merasakan langsung akibatnya.

Apakah pernah membayangkan saat terkena Covid-19 seluruh ruangan di rumah sakit termasuk IGD penuh. Akibatnya tidak mendapatkan perawatan optimal.

Sebelum terlambat yang akhirnya menimbulkan penyesalan mendalam, mari bersama-sama secara konsisten melaksanakan protokol kesehatan. Lakukan secara ketat agar tetap sehat.

Ingat sakit itu tidak enak apalagi terkena Covid-19. Banyak yang sudah mengalaminya. Ada yang jiwanya tertolong dan sembuh. Namun tidak sedikit pula yang meninggal.

Semoga kita terhindar dari Covid-19 dan selalu sehat. Aamiin ya robbal aalamiinโ€ฆ

Dari Bogor saya ucapkan selamat Hari Natal kepada saudara-saudara saya dan teman-teman yang merayakannya. Semoga selalu merasakan kedamaian dan bahagia lahir batin. Salam hormat buat keluarga. 20.00 25122020๐Ÿ˜ƒ<<<
[25/12 22:41] Aqua Dwipayana MES: Konsisten Silaturahim Tanpa Pamrih Merupakan Investasi Sosial yang Besar

Pengantar : pensiunan TNI AL Kolonel Laut (P) Purn Adi Suyoso Jumat malam ini (25/12/2020) telefon saya. Kami diskusi sekitar satu jam. Banyak hal yang kami bicarakan. Di antaranya tentang aktivitas rutin saya selama puluhan tahun yang dilaksanakan tanpa pamrih yakni silaturahim. Di bawah ini penuturan laki-laki berkarakter yang merupakan teman lama saya tersebut.

Saya sejak lama intens mengikuti aktivitas silaturahim yang Mas Aqua lakukan hampir setiap hari. Semuanya tanpa pamrih dan telah berlangsung selama puluhan tahun.
Kegiatan mulia itu merupakan investasi sosial yang besar. Saya yakin setelah sejak lama melakukannya secara konsisten, sekarang ini Mas Aqua tinggal memetik hasilnya. Buahnya pasti manis sekali.

Menariknya yang merasakan manisnya buah dari intensitas silaturahim itu tidak hanya Mas Aqua saja. Banyak orang telah ikut menikmatinya.

Mereka selain keluarga – istri Mbak Retno Setiasih serta anak-anak yaitu ananda Alira Vania Putri Dwipayana dan ananda Savero Karamiveta Dwipayana – juga para saudara dan teman-teman. Wujudnya beragam.

Semua itu sesuai dengan janji TUHAN. Kepada umatnya yang rajin silaturahim tanpa pamrih akan diperbanyak rejekinya dan dipanjangkan umurnya.

Semua yang Didatangi Senang
Saya yakin karena telah merasakan langsung manfaatnya dan menikmatinya sehingga Mas Aqua ketagihan melaksanakan silaturahim. Itu sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan Mas Aqua.

Hebatnya silaturahim yang Mas Aqua laksanakan tidak hanya kepada para saudara dan teman-teman. Tetapi juga selama ini Mas Aqua rajin mendatangi orangtua kawan-kawan dan anak-anak mereka.

Saya membayangkan semua yang Mas Aqua datangi pasti senang sekali. Saat ngobrol, Mas Aqua menyimak seluruh yang mereka sampaikan, sehingga merasa sangat diperhatikan dan jadi orang penting.

Tidak hanya itu. Kebiasaan Mas Aqua adalah membawah oleh-oleh yang wujudnya antara lain buah-buahan dan aneka kue. Mereka yang menerimanya pasti senang karena diperhatikan.

Saat mau pamit, Mas Aqua punya kebiasaan memberikan sangu berupa sejumlah uang. Sebagai bentuk penghargaan dan menghormati mereka.

Dengan melakukan itu, yang bahagia tidak hanya mereka yang didatangi. Anak-anaknya atau orangtuanya yang merupakan teman-teman Mas Aqua pasti senang. Merasa keluarganya diperhatikan sama Mas Aqua.

Di sisi lain tentunya Mas Aqua lebih bahagia lagi karena bisa melakukan semua itu secara konsisten dan tanpa pamrih. Mas Aqua mendapat banyak energi positif dari semua orang yang didatangi.

Semangat Silaturahim Selama Pandemi Covid-19 Makin Meningkat
Konsistensi melaksanakan silaturahim merupakan implementasi nyata dari buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” karya Mas Aqua yang telah delapan kali cetak sebanyak 160 ribu eksemplar. Jadi tidak sekedar menulis di buku namun Mas Aqua rutin mempraktikkannya.

Itu yang paling utama. Selama ini banyak orang yang memahami manfaat tentang suatu hal misalnya silaturahim, namun tidak mampu mempraktikkannya. Jadi hanya tahu namun tidak berbuat.
Selama puluhan tahun sampai hari ini Mas Aqua terus secara rutin melakukan investasi sosial. Tabungannya sudah banyak sekali. Semua itu sangat bermanfaat baik di dunia maupun akhirat.

Mas Aqua terus melakukan investasi sosial termasuk selama pandemi Covid-19. Semangat silaturahim dan berbaginya tidak pernah pudar. Bahkan beberapa bulan ini semakin meningkat.

Lantas kapan Mas Aqua menghentikan semua aktivitas mulia itu? Saya yakin berhentinya setelah TUHAN Sang Pencipta melakukannya. Jadi sepenuhnya atas kehendakNYA.

Ketika saatnya tiba, pasti Mas Aqua tidak akan menyesalinya karena sudah “puas” bersilaturahim dan berbagi. Artinya investasi sosialnya telah banyak.

Semoga Mas Aqua selalu sehat. Tetap rajin silaturahim dan berbagi pada sesama tanpa pamrih. Aamiin ya robbal aalamiinโ€ฆ

Dari Bogor saya ucapkan selamat memperbanyak investasi sosial. Salam hormat buat keluarga. 22.30 25122020๐Ÿ˜ƒ<<<
[26/12 08:41] Aqua Dwipayana MES: Istiqomah lebih Mulia dari 1.000 Karomah

Oleh Purwono Tjokrodarsono

Orang yang istiqomah selalu menjadikan ilmu sebagai makanan hati dan ruh. ALLAH Subhanahu wa Ta`ala berfirman :

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ุฑูŽุจูู‘ู†ูŽุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุซูู…ูŽู‘ ุงุณู’ุชูŽู‚ูŽุงู…ููˆุง ุชูŽุชูŽู†ูŽุฒูŽู‘ู„ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ุฃูŽู„ูŽู‘ุง ุชูŽุฎูŽุงูููˆุง ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุญู’ุฒูŽู†ููˆุง ูˆูŽุฃูŽุจู’ุดูุฑููˆุง ุจูุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ุงู„ูŽู‘ุชููŠ ูƒูู†ู’ุชูู…ู’ ุชููˆุนูŽุฏููˆู†

โ€œSesungguhnya orang-orang yang mengatakan TUHAN kami ialah ALLAH SWT kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan menyatakan janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih, dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan ALLAH kepadamu.โ€ (QS. Fusshilat: 30).

Mengamati dengan seksama amal kebaikan berupa silaturahim, yang Istiqomah dilakukan Motivator Nasional yang mendunia Dr Aqua Dwipayana, sungguh luar biasa. Banyak kejadian demi kejadian yang seolah tidak sengaja, namun saya yakin itu adalah semacam karomah yang dihadiahkan ALLAH azza wajalla kepada hambaNYA yakni Dr Aqua Dwipayana.

Karomah itu sepertinya buah dari Istiqomah beliau melakukan silaturahim dan giat menulis sebagai ungkapan rasa syukur. Setiap hari tanpa pamrih rutin membagikan kepada ribuan sahabatnya yang tergabung dalam Komunitas Komunikasi jari Tangan melalui WA dan media sosial lainnya.

Mendapat Kemudahan dan Berbagai Fasilitas
Dari kejadian demi kejadian Pak Aqua mendapatkan kemudahan dan berbagai bentuk fasilitas lainnya. Semua itu luar biasa dan tidak setiap orang memperolehnya.

Mengamati semua yang dialami beliau, saya menjadi ingat nasihat legenda kungfu Bruce Lee, yaitu : “Satu jurus yang diulang ribuan kali setiap hari, lebih aku takuti daripada ribuan jurus yang hanya dilakukan sekali setiap hari”.

Nasihat ini meneguhkan apa yang sudah dilaksanakan Dr Aqua Dwipayana. Satu hal yang menurut banyak orang sederhana, bahkan ada yang menganggap sepele, yakni SILATURAHIM, namun sejak puluhan tahun lalu konsisten setiap hari dilakukan dan jumlahnya tak terhitung beliau lakukan. Dengan kehendak ALLAH azza wajalla aktivitas mulia itu berbuah karomah .

Semoga beliau tetap Istiqomah, penuh semangat dan sampai akhir hayat dikandung badan, melakukan silaturahim dan menulis buku super best seller tentang silaturahim yang ajaib.

Hasil dari penjualan buku-bukunya tetap dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan sosial. Di antaranya membiayai ratusan orang umroh seperti yang dilakukan dari buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” yang ditulis Pak Aqua.

Selalu Beramal dengan Ceria
Kekonsistenan Pak Aqua, Mbak Alira, dan Mas Ero dalam melaksanakan silaturahim klop dengan Renungan Pagi yang disampaikan abang sahabat saya. Yakni, ALLAH SWT suka atas amalan dan perbuatan. Ketimbang berdiam diri, Pak Aqua sekeluarga banyak berbuat dan ini sangat terkenal karena rajin disyiarkan untuk menebar teladan.

Beliau menyebut : “โ€ฆDan silaturahim adalah salah satu amalan yang paling disukai ALLAH SWT. Ia adalah kunci terbukanya rahmat dan pertolongan ALLAH SWT. Jadi hindarilah permusuhan, hasad dan dengki, karena hal itu dapat memutus silaturahim yang sangat dibenci ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala.”

“Tidak ada dosa yang ALLAH SWT segerakan hukuman bagi pelakunya di dunia serta menyimpan sebagiannya untuk di akhirat kecuali kezaliman dan memutus silaturahim.”
(HR. Ahmad, Abu Daud & Tirmizi).

Kesan saya, semua yang dilakukan Pak Aqua sekeluarga selama ini selalu beramal dan beramal dengan ceria. Melaksanakan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Hanya mengharapkan ridho dari ALLAH SWT.

Pak Aqua, salam hormat buat keluarga tercinta. Teruslah melakukan hal yang sederhana, namun memberikan dampak yang luar biasa pada banyak orang. Jangan pernah lelah berbuat kebaikan.

Penulis Sekretaris Organda Malang Raya.
[26/12 10:24] Aqua Dwipayana MES: Syiarkan Kebaikan Makin Banyak yang Ikut

Kebaikan itu menular. Untuk itu konsistenlah melakukannya. Yakinlah orang yang merasakannya baik langsung maupun tidak akan meneladaninya. Kemudian melaksanakan hal srupa sehingga dari waktu ke waktu semakin banyak yang berbuat baik.

Di sisi lain orang yang melakukan kebaikan akan merasa bahagia. Terutama saat melihat banyak orang mencontohnya.

Orang itu akan menjadi ketagihan. Terus menerus berbuat baik sehingga dari waktu ke waktu makin banyak orang yang ketularan melakukan hal yang sama pada sesama.

Untuk berbuat baik tidak perlu melihat skalanya: kecil, sedang, dan besar. Paling utama adalah niat melakukannya. Ikhlas dan sepenuhnya karena TUHAN, bukan yang lainnya.

Dengan hati yang bersih dan niat yang baik, awali dengan mensyiarkan kebaikan yang sudah dan sedang dilakukan. Bisa langsung melakukannya atau melalui berbagai sarana termasuk media sosial.

Nyinyir karena Iri
Jangan kaget kalau ada satu dua orang yang nyinyir. Menanggapi dengan nada sinis, miring, dan negatif.

Cuekin saja. Ibarat anjing menggonggong kafilah berlalu. Tidak usah ditanggapi sama sekali.

Mereka yang nyinyir itu biasanya karena iri. Ingin berbuat serupa namun tidak mampu. Bisanya hanya memberikan komentar negatif.

Jangan buang-buang energi dengan menanggapi mereka. Meski tanggapan itu yang mereka harapkan dan nantikan.

Terbaik adalah mendoakan mereka agar TUHAN ‘membuka’ hati dan pikiran mereka. Menyadarkan bahwa sikap tersebut keliru serta kembali ke jalan yang benar dan lurus.

Jangan pernah memusuhi mereka. Tetaplah bersahabat dengan mereka. Meski tetap harus waspada, hati-hati, dan mawas diri.

Contoh Nyata Tidak Sekedar Retorika
Yakinlah dengan konsisten mensyiarkan kebaikan yang niat sepenuhnya karena TUHAN, makin banyak yang ikut. Meneladani yang telah dilakukannya.

Itu sebagai bukti nyata bahwa kebaikan itu menular. Banyak orang yang senang melihat contoh nyata. Tidak sekedar retorika.

Mereka yang mencontohnya tentu akan menularkan kebaikan itu kepada banyak orang. Begitu seterusnya.

Kesimpulannya sekecil apapun kebaikan yang dilakukan jangan ragu untuk mensyiarkannya. Jika ada orang yang nyinyir, biarkan saja. Jangan buang energi untuk menanggapinya.

Selain mengasihani orang-orang yang nyinyir itu, perlu mendoakan agar mereka segera bertobat. Jangan sampai waktunya disia-siakan hanya untuk mencampuri urusan orang lain yang tutur kata dan perilakunya belum tentu lebih baik dari dirinya.

Semoga kita dapat terus konsisten berbuat baik pada sesama dan menularkannya pada banyak orang. Aamiin ya robbal aalamiinโ€ฆ

Saat sedang santai di Bogor menikmati akhir pekan bersama keluarga, saya ucapkan selamat berusaha secara konsisten mensyiarkan kebaikan. Salam hormat buat keluarga. 10.30 26122020๐Ÿ˜ƒ<<<