Oleh Purwono Tjokrodarsono

Orang yang istiqomah selalu menjadikan ilmu sebagai makanan hati dan ruh. ALLAH Subhanahu wa Ta`ala berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُون

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan TUHAN kami ialah ALLAH SWT kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan menyatakan janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih, dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan ALLAH kepadamu.” (QS. Fusshilat: 30).

Mengamati dengan seksama amal kebaikan berupa silaturahim, yang Istiqomah dilakukan Motivator Nasional yang mendunia Dr Aqua Dwipayana, sungguh luar biasa. Banyak kejadian demi kejadian yang seolah tidak sengaja, namun saya yakin itu adalah semacam karomah yang dihadiahkan ALLAH azza wajalla kepada hambaNYA yakni Dr Aqua Dwipayana.

Karomah itu sepertinya buah dari Istiqomah beliau melakukan silaturahim dan giat menulis sebagai ungkapan rasa syukur. Setiap hari tanpa pamrih rutin membagikan kepada ribuan sahabatnya yang tergabung dalam Komunitas Komunikasi jari Tangan melalui WA dan media sosial lainnya.

Mendapat Kemudahan dan Berbagai Fasilitas

Dari kejadian demi kejadian Pak Aqua mendapatkan kemudahan dan berbagai bentuk fasilitas lainnya. Semua itu luar biasa dan tidak setiap orang memperolehnya.

Mengamati semua yang dialami beliau, saya menjadi ingat nasihat legenda kungfu Bruce Lee, yaitu : “Satu jurus yang diulang ribuan kali setiap hari, lebih aku takuti daripada ribuan jurus yang hanya dilakukan sekali setiap hari”.

Nasihat ini meneguhkan apa yang sudah dilaksanakan Dr Aqua Dwipayana. Satu hal yang menurut banyak orang sederhana, bahkan ada yang menganggap sepele, yakni SILATURAHIM, namun sejak puluhan tahun lalu konsisten setiap hari dilakukan dan jumlahnya tak terhitung beliau lakukan. Dengan kehendak ALLAH azza wajalla aktivitas mulia itu berbuah karomah .

Semoga beliau tetap Istiqomah, penuh semangat dan sampai akhir hayat dikandung badan, melakukan silaturahim dan menulis buku super best seller tentang silaturahim yang ajaib.

Hasil dari penjualan buku-bukunya tetap dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan sosial. Di antaranya membiayai ratusan orang umroh seperti yang dilakukan dari buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” yang ditulis Pak Aqua.

Selalu Beramal dengan Ceria

Kekonsistenan Pak Aqua, Mbak Alira, dan Mas Ero dalam melaksanakan silaturahim klop dengan Renungan Pagi yang disampaikan abang sahabat saya. Yakni, ALLAH SWT suka atas amalan dan perbuatan. Ketimbang berdiam diri, Pak Aqua sekeluarga banyak berbuat dan ini sangat terkenal karena rajin disyiarkan untuk menebar teladan.

Beliau menyebut : “…Dan silaturahim adalah salah satu amalan yang paling disukai ALLAH SWT. Ia adalah kunci terbukanya rahmat dan pertolongan ALLAH SWT. Jadi hindarilah permusuhan, hasad dan dengki, karena hal itu dapat memutus silaturahim yang sangat dibenci ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala.”

“Tidak ada dosa yang ALLAH SWT segerakan hukuman bagi pelakunya di dunia serta menyimpan sebagiannya untuk di akhirat kecuali kezaliman dan memutus silaturahim.”

(HR. Ahmad, Abu Daud & Tirmizi).

Kesan saya, semua yang dilakukan Pak Aqua sekeluarga selama ini selalu beramal dan beramal dengan ceria. Melaksanakan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Hanya mengharapkan ridho dari ALLAH SWT.

Pak Aqua, salam hormat buat keluarga tercinta. Teruslah melakukan hal yang sederhana, namun memberikan dampak yang luar biasa pada banyak orang. Jangan pernah lelah berbuat kebaikan.

Penulis Sekretaris Organda Malang Raya.