TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Anggaran Pendapatan Belanja Tiyuh (APBT) Perubahan, di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, akan segera dicairkan untuk penanganan Covid 19 di seluruh Tiyuh (Desa).

Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh (DPMT) melalui Kepala Bidang Aparatur Pemerintah Tiyuh Iwan Setiawan. Bahwa untuk Perubahan APBT Dana Desa (DD) sudah 100 Persen selesai, tinggal proses menginput data di Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), baru kemudian melakukan pencairan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotabumi.

“Anggaran itu digunakan untuk Covid 19, yakni mulai dari Penanganannya seperti persiapan Posko, Alat Pelindung Diri (APD) Tiyuh, Desinfektan, Termometer, Ruang Isolasi, makan minum penjaga dan warga yang dikarantina, serta fasilitas lainnya,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, anggaran tersebut juga untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang memang sudah diberikan arahan dan ketentuan dalam penggunaan anggaran tersebut.

“Sebelumnya kita sudah memberikan pengarahan kepada Tiyuh agar tidak salah dalam menggunakan anggaran, karena semuanya sudah kita perhitungkan, sehingga jika ada Tiyuh yang didapati masih tidak menjalankan sesuai instruksi akan diberikan teguran,” ungkapnya.

Sebelum anggaran itu dicairkan, jelasnya, Tiyuh tetap menggunakan anggaran DD dengan menunda terlebih dahulu pembangunan nya, sehingga jika dana itu cair, barulah dilanjutkan kembali.

“Tentunya kita menghimbau kepada Tiyuh untuk segera gerak cepat, karena saat ini kita tengah dihadapi situasi Pandemi, dan jangan keluar dari koridor yang telah disepakati dan ditetapkan,” imbuhnya. (D/R)