TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid 19, Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, rencanakan penyemprotan rutin Desinfektan di Pasar.

Dikatakan Sulaeman Kepala Bidang Sarana Prasarana, mewakili Kepala Diskoperindag Khairul Amri, saat dikonfirmasi translampung.com pada Jumat (24/7/2020) pukul 14.10 Wib. Bahwa rencana tersebut telah diusulkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) nanti.

“Penyemprotan itu kita prioritaskan pada tiga Pasar Kabupaten, yakni Pasar Panaragan Jaya, Mulya Asri, dan Dayamurni, yang ditargetkan penyemprotannya bisa dilakukan dua kali seminggu. Dan diharapkan dapat berjalan selama minimal 3 sampai 4 bulan kedepan,” terangnya.

Tidak hanya Desinfektan, lanjut dia, karena tentunya juga membutuhkan peralatan penunjang lainnya, sehingga Diskoperindag merencanakan pula pembelian 3 unit tangki mesin semprot, 10 unit Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas, membuat Spanduk atau Banner sosialisasi pencegahan Covid 19 di area Pasar, perlengkapan Alat Cuci Tangan (ACT) seperti sabun, dan sosialisasi kepada pedagang Pasar agar menerapkan protokol kesehatan.

“Dalam melaksanakan rencana itu, tentunya kita membutuhkan dana, karena melihat situasi Pandemi Covid 19 khususnya di Tubaba, maka sangat diperlukan upaya-upaya untuk mencegah penyebaran Covid 19, terutama area yang ramai seperti Pasar,” imbuhnya. (D/R)