Lampung – Anggota MPR RI Fraksi PKS Junaidi Auly mengungkapkan bahwa membela saudara-saudara kita yang terjajah di Palestina merupakan wujud amanat konstitusi dan berdasarkan nilai yang terkandung dalam UUD 1945 dan Pancasila.

“Bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan, itulah isi dari pembukaan UUD kita,” ujar Junaidi dalam Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara di Desa Sapto Mulyo, Kota Gajah, Lampung Tengah. Selasa (25/5/2021)

Politisi Fraksi PKS ini melanjutkan, jadi jika ada pihak yang mengatakan bahwa urusan palestina bukan urusan kita bangsa Indonesia maka bisa dikatakan telah mengingkari amanat UUD 1945. Serangan dan penjajahan Israel ke Palestina sangat bertentangan dengan prinsip UUD 1945 yang menjunjung nilai kemanusiaan.

Selain itu, Pria asal Lampung ini menuturkan bahwa membela Palestina juga sesuai dengan Pancasila pada sila kedua yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab. “Jadi jika kita benar-benar berpancasila mestinya kita marah melihat kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel terhadap bangsa Palestina,” kata Junaidi.

Oleh karenanya, Doktor Ilmu Pemerintahan ini mengapresiasi langkah pemerintah yaitu Menteri Luar Negeri yang telah bersuara di forum dunia PBB terkait keberpihakan dan dukungan terhadap Palestina serta mengutuk keras aksi kejahatan yang dilakukan oleh Israel. 

“Kemerdekaan untuk bangsa Palestina merupakan hak yang harus terus diperjuangkan, sebagai manusia dan juga muslim, Palestina merupakan urusan kita bersama karena mereka lah yang pertama mengakui kemedekaan Indonesia,” pungkas Junaidi.