TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, melaksanakan Rapat pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 dan RKPD Perubahan Tahun 2020, terkait dengan anggaran yang terbatas dan prioritas kegiatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Bupati, Kantor Pemerintah Daerah setempat, pada Senin (10/8/2020) pukul 09.00 Wib. Yang dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Tubaba Fauzi Hasan SE,MM, dan kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) se-Kabupaten Tulangbawang Barat.

“Hari ini dalam rangka proses penyusunan anggaran, karena anggaran yang sangat terbatas, kita masih melihat proyeksi pendapatan kita tahun depan. Karena kalau pada penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebelumnya minimal kita berpatokan pada tahun berjalan, semisalnya Dana Alokasi Umum (DAU) yang minimal Rp 500 juta,” kata Wabup Fauzi Hasan, saat diwawancara translampung.com pasca Rapat.

Sedangkan sekarang, lanjut dia, Pusat mengisyaratkan kepada daerah untuk kemungkinan DAU turun dari situ, sehingga itulah yang harus dipahami bersama dengan seluruh OPD, agar bisa menyesuaikan anggaran yang ada.

“Namun, dalam prioritas kegiatan kedepannya khususnya tahun 2021, kita masih tetap memprioritaskan Infrastruktur. Adapun untuk anggaran Refocusing Covid 19 ini, hanya dikembalikan untuk dana rutin, karena tidak bisa untuk kegiatan atau belanja lainnya,” ungkapnya.

Dalam arahannya, Wabup Fauzi Hasan menginstruksikan agar setiap OPD harus berkoordinasi dengan tim penyusunan anggaran.

“Saya berharap agar setiap Satker bisa menyesuaikan itu, artinya jangan terlalu memaksa menambah anggaran, harus ada skala prioritas yang benar-benar jelas, sehingga kita juga minta kepada tim anggaran agar terus berkoordinasi dengan Provinsi,” imbuhnya. (D/R)