TRANSLAMPUNG.COM,PESAWARAN – Akibat banjir Rob yang terjadi di perairan Teluk Lampung mengakibatkan Air Laut di wilayah pesisir pantai Kabupaten Pesawaran menggenangi rumah -rumah warga dan tempat wisatan di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. 

Genangan Air Laut yang disebapkan adanya banjir Rob ini selain mengenagi beberapa rumah yang tinggal di sepanjang Pantai pesisir Teluk Lampung,banjir Rob ini juga menggenangi tempat  wisata salah satunya  keberadaan Pantai Wisata Kelapa Rapat (Kelara) yang ada di Kecamatan Teluk Pandan kabupaten Pesawaran juga tak luput dari genangan air laut  yang meluap sampai ke jalan raya.

Menurut keterangan salah satu pengelola Wisata Pantai Kelara .Afan menjelaskan bahwa penomena adanya banjir Rob ini terkadi sejak Minggu 24/05/2020 sampai dengan Senin masih terjadi pasang Air Laut yang sangat besar akibat terjadinya banjir Rob ini.

“Banjir Rob memang sudah dua hari ini terjadi, selain mengenangi tempat wisata, Air laut juga naik ke jalan raya sehingga sejak pagi pukul 07,00 wib kendaraan roda dua tidak bisa melewati jalan ini akibat genangan Air Laut setinggi lutut orang dewasa  ,”kata Afan Senin (25/05/2020).

Afan juga mengatakan bahwa kejadian seperti ini memang baru pertama kalinya terjadi sepang tahun ini di karnakan selama terkadinya bajir Rob, Air laut tidak sampai mengenang sampai kejalan raya seperti yang terjadi saat ini.

“Untungnya luapan Air Laut ini  tidak di sertai gelombang berar, kalau di sertai dengan gelombang pastinya banyak gubuk-gubuk di tempat wisata ini roboh begitu juga dengan rumah warga yang tinggal di pinggir pantai sudah tentu mengalami kerusakan,”ucapnya.

Berdasarkan pantauan translampung.com di sepajang wilayah Teluk Lapung khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Pesawaran genangan Air Laut memasuki rumah -rumah warga yang memang tinggal di tepi pantai seperti keberadan rumah warga di Dusun Ketapan Desa Bantu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.

Selain itu juga genangan Air Laut  menimpa keberadaan wisata Pantai Kelara hingga luapan Air Laut naik kejalan raya akses menuju wilayah kecamatan Padang Cermi dan Kacamatan Way Ratai.Dan akibat genanagan Air Laut yang sangat tinggi ini banyak juga gubuk -gubuk di tempat  wisata ini roboh dan terendam akibat pasangnya Air Laut ,(ydn).