TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR-Merebaknya wabah virus Corona (Covid 19) di berbagai belahan dunia, bupati pesisir barat (Pesibar) memeberikan pernyataan sikap tegas. Senin, (16/3).

Menurut, Agus Istiqlal mengatakan, adapun sikap tegas tersebut yakni ada beberapa langkah pencegahan untuk menghindari virus Corona menyebar di sekitar kita.

“Pertama belajar dirumah, kedua lakukan gaya hidup sehat (PHBS) dan ketiga sebaiknya lebih mendekatkan diri pada sang pencipta,” Ucapnya, saat konfrensi pers di depan kantor pemerintahan kabupaten setempat.

Disinggung soal kujungan turis asing ke kabupaten Pesibar dan para ASN yang melakukan perjalanan dinas luar (DL) apakah mereka terindikasi atau tidak, dia menjelaskan disetiap bandara tempat mereka mendarat akan dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya apakah normal atau tidak dan semua peralatan terkait sudah ada pasilitasnya di bandara.

“Kalau tentang 195  data yang didapat KKP itu masih sebatas pemantauan, tapi jika dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Insyaallah tidak ada. Mengenai DL jika urusan sangat mendesak maka akan tetap dilaksanakan,” Jelasnya.

Selain itu juga, Agus menghimbau kepada seluruh lapisan masyrakat yang ada di kabupaten Pesibar agar kiranya tidak panik akan tetapi tetap waspada menghadapi maraknya wabah virus mematikan tersebut.

“Untuk Pelajar mulai dari tungkat, Paut sampai dengan SLTP mulai besok tangal 17 belajar di rumah sampai 14 hari kedepan, sesuai dengan intruksi presiden RI, “Pungkasnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Kesehatan, Tedi Zadmiko melalui Sekretaris, Rocmad menerangkan kalau kabupaten Pesibar siap mengantisipasi dengan membuka posko kesehatan disetiap Puskesmas yang tersebar di kabupaten Pesibar.

“Kita akan siapkan ruang isolasi khusus di RSUD M.Thohir apabila ada tersuspeck namun demikian tentu kita berharap tidak ada yang terkena virus tersebut, kita juga sudah menyiapkan seperti masker dan contact centernya,” Tambahnya.