TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN- Sebanyak 137 masyarakat Dusun Selesung Desa Pulau Legundi Kecamatan Punduh Pedada kabupaten Pesawaran saat ini sudah bisa menempati rumah hunian tetap yang di berikan pemerintah kabupaten Pesawaran melalui Badan Penaggulangan Bencana Nasional (BPBN) Pusat.

Hal ini di ungakpakn oleh Camatan Punduh Pedada Darlis SE saat di hubungi  wartawan Translampung.com, Selasa,(29/12/2020).

Menurut Darlis bahwa bantuan huni tetap yang di berikan oleh pemerintah kabupaten Pesawaran melalui BPBN pusat ini tujuanya untuk mereloksi hunian masyarakat yang terdampak musibah Tsunami pada tahun 2018 lalu.Dan tercatat sebanyak 137 Unit banguan hunian tetap yang di berikan kepada masyarakat yang terdapak musibah tersebut.

“Ya,pada hari Senin 28 Desember 2020 lalu telah dilakukan penyerahan secara simbolis kepada masyarakat dari pemerintah Pesawaran melalui Asisten Bidang prekonomi dan pembanguan Pemkab Pesawaran  yang di laksanakan di Balai Desa Pulau Legundi ,”kata Darlis.

Darlis menjelaskan bahwa selaiin di lakukanya penyerahan rumah hunian tetap secara simbolis kepada masyarkat yang terdampak musibah Tsunami  ini juga  dilakukan pengundian untuk penempatan rumah, dengan tujuan agar tidak ada kecemburuan dengan masyarkat yang akan menepatinya.

“Nah,sesui dengan kesepakatan jadi untuk penepatan rumah hunian tetap ini dilakukan dengan cara di undi ,tujuanya agar masyarkat tidak asal tunjuk memilih lokasi untuk di tepatinya,”jelasnya.

Darlis juga berharap kepada masyarkat yang menempati rumah hunian ini agar bisa merawat dengan baik karna rumah yang diberikan ini merupakan hak milik masyarkat yang terdampak Musibah Tsunami 23 Desember 2018 lalu.

“Mudah-mudahan bantuan rumah yang di berikan Pemerintah Kabupaten Pesawaran ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang memepatinya,”ucapnya.

Dan dirinya juga berharap kepada masyarkat khususnya masyarkaat yang rumahnya di tinggal akibat dampak Tsunami agar tidak merobohkan banguan tersebut  karna banguan tersebut bisa di gunakan sebagi tempat usaha.

“Nah,bagi masyarakat yang telah di relokasi dan menepati rumah hunian tetap ini agar bisa menjaga dan merawatnya karna tidak ada lagi bantuan dari pemeritah, dan juga rumah tersebut jangan juga di jual kepada orang lain ,”harapnya.

Diketahui dalam pelaksanana kegiatan penyerahan bantuan rumah hunian tetap ini di hadiri oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam hal ini di wakili oleh, Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pesawaran ,Marzuki ,Camat Punduh Pedada Darlis SE., Kapala Desa Pulau Legundi A.Zul Khuidir , ,Kapolesek padang Cermin AKP Darwin, Danramail Padang Cermin diwakili Peltu Bambang (Danos) ,PU Perkim,PU PR ,Kepala Bapeda Pesawaran, Inspektorat Pesawaran,pihak rekanan dan beberapa perwakilan masyarakat penerima bantuan hunian tetap,(ydn).