TRANSLAMPUNG.COM,

LAMPUNG UTARA –  Sebanyak 12.984 Kepala Keluarga di Kabupaten Lampung Utara mendapat alokasi bantuan langsung tunai dari kementerian sosial,hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Lampura, M Erwinsyah, Selasa (24/04/2020).

” Bantuan itu diperuntukkan bagi warga terdampak langsung covid-19. Mereka yang menerima adalah yang tidak mendapatkan bantuan program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non-tunai (BPNT) dan BLT dana desa. Dengan alokasi sebanyak 12.984 KK, yang tersebar di 232 desa se-Lampung Utara dengan pengajuan lebih dari 21.000 calon penerima bantuan itu,” ucap Erwinsyah


Jadi sisanya nanti, data itu sebanyak 9.000 orang kita serahkan kedesa. Untuk dapat masuk dalam bantuan langsung tunai dari dana desa. Sebelumnya kami telah melakukan disingkroni bersama pihak terkait, dalam hal ini pendamping PKH, TKSK dan lainnya. Sebab, bantuan itu tidak boleh diterima oleh penerima BNPT, PKH dan bantuan lainnya. Dengan mengisi melalui aplikasi Siks NG per Kamis, 23 April 2020, ” ucapnya lagi


Masih kata Erwinsyah, bantuan sosial yang akan diterima tersebut nilainya sebesar Rp600 ribu/KK/bulan, langsung selama tiga bulan. Diluar bansos itu, nanti yang akan mendapatkan alokasi bantuan langsung tunai desa (BLT-DD).
“Jadi nanti mereka yang tidak mendapatkan bantuan ini, akan mendapatkan dari BLT dana desa, “terangnya.


Kami berharap bantuan itu dapat membantu, atau sekedar meringankan warga yang terdampak penyebaran wabah covid-19. “Ini sesuai harapan dari diturunkannya bantuan oleh Kemensos, jadi semua dapat terbantu meski keadaan demikian, “pungkasnya (Iwan)