METRO – Pemerintah Kota Metro
memastikan satu pasien dalam pengawasan (PDP) Virus Corona atau Covid 19 sedang dirawat Rumah Sakit Umum Ahmad Yani (RSUAY) Kota Metro. Pasien sedang dirawat di ruang isolasi rumah sakit setempat.

“Iya betul, ada satu pasien dari Metro Kibang, Lampung Timur sedang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUAY. Riwayat pasien ini baru saja pulang bekerja dari negara Thailand yang terinfeksi Virus Corona,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro A. Nasir kepada awak media, Senin (16/3/2020).

Ia menjelaskan, pasien pengawasan tersebut kondisi suhu badannya mencapai 37,2 derajat celcius, tekanan darah 130/80 dan leokosit mencapai 7480. “Secara umum kondisi pasien ini baik. Batuk sudah mulai turun,” paparnya.

Ia mengatakan, saat ini pemkot juga tengah memantau sebanyak 136 warga. Warga tersebut termasuk mahasiswa yang pulang dari perjalanan wisata. Saat ini warga yang dalam pemantauan tersebut tengah diisolasi di rumahnya masing-masing.

“Warga yang dalam pemantauan ini juga kami pantau perkembangannya. Mereka diawasi rutin oleh petugas kesehatan di rumahnya masing-masing,” ungkapnya.

Karenanya, pemkot menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Membiasakan mencuci tangan dengan sabun. “Untuk sementara jangan bersalaman dulu atau cipika cipiki. Selain itu juga menjaga kesehatan dengan pola makan yang bergizi seimbang serta tidak lupa berolahraga,” tutupnya. (ria)