. . .

Zimbabwe Siap Bangun Patung Ikon Reggae Bob Marley

image_print

TRANSLAMPUNG.COM – Di saat Jamaika bersiap untuk merayakan kelahiran ikon reggae dunia, Bob Marley, Zimbabwe siap untuk mendirikan patung musisi tersebut. Bob Marley pernah tampil dalam perayaan kemerdekaan Zimbabwe pada tahun 1980.

Musisi yang terkenal dengan lagu ‘I Shot The Sheriff’ ini juga pernah menciptakan lagu berjudul ‘Zimbabwe’ pada 1978 untuk menghormati perjuangan rakyat negeri itu merebut kemerdekaan.

Seperti dilansir Africa News, Selasa, (12/2), seorang konsultan seni Pemerintah Zimbabwe Marton Chemhere mengusulkan agar patung tersebut dipasang di Stadion Rufaro di Harare tempat Marley tampil.

“Saya senang akhirnya proyek ini berhasil untuk negara kita yang indah,” kata Chemhere.

Persetujuan tersebut merupakan pencapaian besar bagi Zimbabwe. Sebab patung tersebut akan menarik wisatawan.

Ada beberapa syarat dalam pembangunan patung tersebut. Pertama patung tersebut harus untuk umum dan mendapatkan izin keluarga Bob Marley secara langsung. serta Zimbabwe juga harus menanggung semua biaya pendiriannya.

“Alasan kami ingin mendirikan patung itu karena di Afrika ada lebih dari 50 negara dan Bob Marley hanya tampil di Zimbabwe sebagai bagian dari perayaan hari kemerdekaan 1980,” ujar Chemhere.

Ia mengungkapkan, patung perunggu delapan meter itu akan dipahat oleh dua seniman Afrika Selatan, Andre Prinsloo dan Ruhan Janse Van Vuuren. Mereka terkenal karena pernah membuat patung Nelson Mandela yang terletak di Gedung Parlemen Union di Pretoria, Afrika Selatan.

Sementara itu, di Kingston, persiapan untuk perayaan ulang tahun Bob Marley tahunan sedang berlangsung. Marley lahir pada tanggal 6 Februari dan meninggal pada tahun 1981, setelah berjuang melawan kanker, pada usia 36 tahun.(jpg)