. . .

Zero Mistake, Proses Verval SKD Dilakukan 4 Tahap

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah tuntas sejak beberapa hari lalu. Hasilnya, banyak sekali peserta yang tidak lulus karena nilai ambang batas passing grade yang tidak mencukupi. Hasilnya, dikeluarkan kebijakan baru oleh MenPANRB untuk mengisi kekosongan formasi.

Akhir-akhir ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) banyak mendapat pertanyaan perihal hasil SKD CPNS 2018. Merespons hal tersebut, Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan menjelaskan, untuk proses verifikasi dan validasi (verval) hasil tes SKD dilakukan secara IV tahap. Verval tersebut dilakukan oleh BKN sebagai panitia seleksi nasional (Panselnas) rekruitmen CPNS.

Proses verval SKD pada level IV disupervisi oleh salah satu Pejabat Pratama di Lingkungan Kedeputian Pengawasan dan Pengendalian BKN. Selanjutnya pada verval level III dilakukan oleh Pejabat Pratama unit kerja lainnya di lingkungan BKN. Sementara pada verval level II dilaksanakan oleh salah satu Deputi BKN.”Dan akhirnya verval level I di- approve oleh Kepala BKN selaku Ketua Pelaksana Panselnas. Zero mistake, itulah tujuan verval bertingkat ini,” kata Ridwan di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut, untuk proses verval sampai saat ini masih terus berlangsung. Dan diperkirakan akan rampung seluruhnya pada akhir November 2018. Tepatnya sebelum proses SKB dilakukan yang rencananya akan digelar pada awal Desember. “Target pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) awal Desember, jadi BKN optimistis proses verval rampung bulan November ini, pungkasnya.

Pantauan Humas BKN, hingga 29 November 2018 pukul 11.00 WIB, sedikitnya 163 instansi yang telah selesai diverval dan dapat diumumkan hasilnya di portal masing-masing instansi. Sedangkan, 3 instansi masih berproses pada level II. Di level III masih ada sekitar 26 instansi. Untuk level IV masih ada 361 instansi. (HRM/FIN)