Zainal Abidin Hadiri Rakernas XI APKASI

Foto: DISKOMINFOSANDI TANGGAMUS

TAMPIL PADA AOE 2018: Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin bersama jajaran Kepala OPD yang mendampingi menghadiri Rakernas XI APKASI yang dibuka Presiden Joko Widodo, mengabadikan momen dengan latar belakang stan Pemkab Tanggamus pada gelaran APKASI Otonomi Expo (AOE) 2018 di ICE Hall, Tangsel, Banten.

Potensi Tanggamus Tampil di AOE 2018

TRANSLAMPUNG.COM, TANGSEL – Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo membuka Rapar Kerja Nasional XI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2018 di Aula Indonesia Convention Exhibition (ICE) Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (6/7) lalu.

Dalam pesannya yang dihadiri seluruh bupati se-Indonesia, presiden meminta agar seluruh pemerintah kabupaten menanamkan mindset bahwa untuk bisa bersaing di pasar dunia, negara harus bergerak cepat. Karena kalau stagnan dan terjebak pada rutinitas, maka Indonesia akan dengan mudah dikalahkan negara-negara lain yang sudah serba cepat.

Sebelum memasuki momen puncak peresmian Rakernas XI APKASI berupa simbolis pemukulan gong oleh Presiden Joko Widodo, Ketua APKASI Mardani H. Maming mengatakan, Rakernas XI APKASI ini digelar sebagai agenda rutin APKASI yang beranggotakan 416 kabupaten dari seluruh Indonesia. Kali ini, rakernas mengusung tema “Upaya Daerah Menuju Kedaulatan Pangan Nasional.”

“Ini adalah agenda rutin APKASI yang dilaksanakan setiap tahun, sejak tanggal 6 hingga 8 Juli 2018. Selain itu dalam Rakernas ini juga dilaksanakan APKASI Otonomi Expo yang melibatkan 160 kabupaten dan diperkirakan akan dikunjungi 10 ribu orang, baik dr masyarakat maupun kalangan dunia usaha,” ungkap Mardani yang juga sebagai Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu.

Mengawali sambutannya Presiden Joko Widodo menyampaikan, mulai hari ini seluruh elemen harus memahami bahwa perubahan besar sedang terjadi. Yaitu perubahan dalam revolusi industri. Yang probabilitas kekuatannya 3.000 kali lebih besar daripada revolusi industri di masa yang lalu.

“Jika kita masih menjalani rutinitas, maka kita akan ketinggalan,” tegas Joko Widodo.

Sekarang ini, presiden melanjutkan, persaingan antar-negara semakin ketat. Negara yang cepat akan dengan mudah mengalahkan negara yang lambat.

“Jadi mari kita ubah mindset kita selama ini. Sekarang ini, kita harus tanamkan mindset negara cepat akan mengalahkan negara lambat. Tanpa (mindset) itu, jangan bicara tentang daya saing,” ungkap presiden dengan tegas.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo secara simbolis membuka rakernas APKASI yang ditandai dengan pemukulan gong. Presiden didampingi Pramono Anung, Mendagri Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Dari antara ratusan pejabat pemerintah kabupaten yang hadir, tak terkecuali perwakilan dari Kabupaten Tanggamus. Pj. Bupati Ir. Zainal Abidin di sela-sela kehadirannya pada acara nasional berharap, melalui ajang ini dapat semakin meningkatkan kerjasama antar-daerah dan perhatian Pemerintah Pusat terhadap Kabupaten Tanggamus.

Kemudian juga mengenalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Tanggamus pada APKASI Otonomi Expo (AOE) 2018 yang sudah tentu dikunjungi ribuan orang dari berbagai penjuru. Karena semakin maju eksistensi Kabupaten Tanggamus, itu akan berbanding lurus dengan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus itu sendiri.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap kita yang dari Tanggamus bisa terus belajar meningkatkan kerja sama antar-daerah. Meningkatkan perhatian Pemerintah Pusat. Juga tentunya mengenalkan potensi yang ada di Kabupaten Tanggamus, untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” harap Zainal.

Turut mendampingi Pj Bupati Tanggamus, Asisten Bidang Ekobang FB. Karjiono, Kepala Bappeda Hendra Wijaya Mega, Kepala Diskominfosandi Sabaruddin, Kepala DPTPH Sony Isnaini, Kepala Dinas PPKB Edyson, Kepala Dinas Perdagangan Zulfadli, Kepala BPMPTSP Supardi Syarkawi, Kepala Dinas Perikanan Edi Narimo, Kepala Dinas Kebudayaan Gandung Hartadi beserta jajaran staf Pemkab Tanggamus. (rls/ayp)

 

 

 

 

News Reporter