Yustin Minta Agar Pengurus DPD Lasqi Menumbuhkan Grup Musik Islami

0
242
views

translampung.com – Gubernur Lampung Ridho Ficardo terus mendorong terlaksananya berbagai kegiatan kesenian dan keagamaan, Salah satunya yakni seni musik islami Qasidah di Provinsi Lampung.

Sehingga pada 2 tahun terakhir Provinsi Lampung sudah rutin menggelar kejuaraan kesenian islami tersebut. Yang pertama pada 22-25 oktober 2015 lalu, dan kedua adalah hari ini, Selasa (3/5/2016) di Balai Keratun.

Pada sambutannya, Ketua Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo sampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Provinsi Lampung karna telah mendorong dan mensupport terlaksananya ‘Festival Qasidah, Marhaban dan Bintang Vokalis Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2016’.

Untuk itu, Yustin menghimbau agar pengurus DPD LASQI dan segenap penggiat seni musik islami memumpuk dan menumbuhkan grup-grup musik islami di masing-masing daerah, baik Marawis, Qasidah, Rudat, Hadrah, Nasyid dan lainnya, agar bisa terus berkembang menyiarkan syiar islam.

“Karna grup-grup ini adalah potensi yang nantinya bisa mengaharumkan nama daerah masing-masing dan juga Lampung. Yang terpenting dalam kesenian islami ini kita dapat berperan aktif dalam syiar islam” imbuh Yustin.

“Sampai saat ini, LASQI Lampung terus mengalami perkembangan yang baik. Hal ini harus kita pertahankan dan tingkatkan, serta kita lebih kuatkan lagi silahturahmi dan sinergi kita.” Tambahnya.

Festival Qasidah tingkat Provinsi ini selain sebagai ruang ekspresi para praktisi seni musik islami, juga sebagai ajang seleksi untuk mewakili Provinsi Lampung di tingkat Nasional. Pada tahun 2016 ini Lampung ditunjuk sebagai tuan rumah diselenggarakannya Lomba Qasidah tingkat Nasional.

Sebelumnya pada tahun pertama LASQI Lampung menggelar Festival Qasidah bersama Pemerintah Provinsi Lampung adalah pada 22 oktober 2015 lalu, dari situ terpilih bibit terbaik untuk ajang nasional di Kendari Sulawesi Tenggara.

Pada tingkat Nasional tahun lalu, walau baru satu kali menggelar Festival tingkat Provinsi, LASQI Lampung berhasil masuk 6 besar Nasional untuk Kategori Qasidah Klasik remaja putra dan bintang vokalis remaja putri. Diharapkan tahun ini prestasi mengalami peningkatan, terlebih Lampung adalah tuan rumah. 

Ditunjuknya Lampung sebagai tuan rumah Festival Qasidah Nasional tak lain adalah berkat kegigihan pengurus  DPW LASQI Lampung dibawah kepemimpinan Aprilani Yustin membentuk pengurus-pengurus daerah di masing-masing Kab/Kota dan aktifnya penggiat musik islami  di Provinsi Lampung.

Acara Festival Qasidah tingkat Provinsi akan berlangsung selama 2 hari yakni 3 dan 4 mei. Acara dibuka oleh asisten III Elya Muchtar. Dihadiri segenap pengurus Daerah Lasqi Kab/Kota se-Lampung serta para penggiat musik islami. (rls)

LEAVE A REPLY