. . .

Yustin Ficardo Pimpin Penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Lampung Tengah

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG TENGAH – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Yustin Ridho Ficardo, menghadiri penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Lomba Kegiatan PKK Kabupaten Lampung Tengah,  di Kampung Tulung Kakan, Kecamatan Bumiratu Nuban, Lampung Tengah, Rabu (5/12/2018). Kehadiran Yustin disambut kesenian budaya asal Jawa Timur, Reog Ponorogo.

Selain itu, untuk menuju lokasi acara, Yustin datang dengan menaiki kereta kuda. “Pelaksanaan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Tahun 2018 ini disertai Lomba KegiatanPKK merupakan salah satu ajang untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan berbagai kegiatan yang dilakukan selama 2018,” ujar Yustin saat membacakan sambutan.

Yustin mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan kegiatan Bakti Sosial TNIKB-Kesehatan Terpadu hingga bulan Oktober.

Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan yang dilaksanakan sejak Oktober hingga Desember. “Kegiatan ini diharapkan mampu memicu keberhasilan  PKK dalam menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk berprilaku Iebih baik dan berperan dalam menyukseskan program pemerintah,” kata Yustin.

Selain itu, masih kata Yustin, kegiatan ini mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat.  Kemudian, mewujudkan masyarakat yang Iebih sejahtera.

“Kader PKK sampai ke tingkat Dasawisma diharapkan dapat mensosialisasikan program E-money. Di dalamnya terdapat potensi ekonomi di desa yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan Iayanan jasa keuangan, seperti memiliki tabungan, pinjaman,” ujar Yustin.

Yustin menyebutkan akan adanya penilaian terhadap empat jenis kegiatan yakni Kesrak PKK-KKBPK Kesehatan, Posyandu, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga, serta Lingkungan Bersih dan Sehat.

Lalu, untuk Lomba Kegiatan PKK dilakukan penilaian terhadap lima jenis kegiatan PKK. “Lima jenis tersebut yakni pelaksana terbaik Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja, Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Halaman ASRI Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK dan Pelaksanaan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Inspeksi Visual Asam Assetat (IVA) Test,” kata Yustin yang juga Duta Kanker Serviks Lampung.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Tengah, Ellya Lusiana Loekman mengatakan kegiatan dilaksanakan melaIui pemberdayaan masyarakat dalam Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Kegiatan PKK di tingkat Kampung. Harapannya,  mampu memantapkan peran kelembagaan dan 10 Program Pokok PKK khususnya di bidang KB dan Kesehatan.

Kegiatan ini sekaligus mampu memberikan daya ungkit untuk meningkatkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Seperti, Posyandu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Kemudian, dapat memanfaatkan dana desa untuk memfasilitasi kegiatan dimaksud sesuai peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Saat ini adalah kesempatan kita semua untuk berbuat dan berkarya dalam keterpaduan membangun Lampung Tengah. Saya berharap mantap koordinasinya, dan keterpaduan semua unsur pelaksana,” ujarnya.

Ellya menyampaikan kegiatan ini merupakan Kesatuan Gerak PKK dengan dukungan keterpaduan lintas sektor. “Kegiatan ini juga bertumpu pada

kegiatan kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK, instansi terkait, keluarga berencana, kesehatan di tingkat kampung dengan kader sebagai ujung tombak dan keluarga sebagai sasaran utamanya,” katanya.

Ellya berharap PKK Lampung Tengah mampu meraih juara. “Harapan saya Kampung Tulung Kakan ini bisa menjadi juara sampai di Tingkat Nasioanal, karena Lampung Tengah bisa,” ujarnya.

Ada yang istimewa dalam acara tersebut, pada kesempatan itu turut dirayakannya hari ulang tahun ke-62 Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto.

“Mungkin ini merupakan hadiah ulang tahun saya, untuk Lampung Tengah menjadi juara di tingkat Provinsi, karena secara kebetulan 5 Desember ini adalah hari ulang tahun saya. Jadi, kita berharap besar lomba kali ini Lampung Tengah menjadi juara di tingkat Provinsi untuk mewakili Provinsi Lampung dalam lomba tingkat nasional,” kata Loekman.

Pada acara tersebut, Yustin mendampingi Bupati Lampung Tengah melakukan penyerahan secara simbolis Akta Gratis dan KTP elektronik bagi warga Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam rangkaian kegiatan itu, Yustin juga meninjau pameran produk hasil Usaha Peningkatkan Pendapatan Keluarga (UP2K), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Selain itu, Yustin menyambangi Paud RA. Kartini, Posyandu Aster II, Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). Lalu, panen cabai, buah nanas, dan sayuran lainnya.(adv)