Yustin Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

0
265
views

BANDARLAMPUNG-Ketua Tim Penggerak PKK Aprilani Yustin Ficardo menghadiri dan memberikan simbolisasi makanan ikan kepada tiga anak SD Kupang Kota Teluk Betung Utara dari undangan 150 anak Sekolah Dasar didampingi oleh Asisten tiga Elya Muchtar, Rabu (16/3).

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Dirgahayu Provinsi Lampung ke-52 yang diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung di Lapangan Kantor Gubernur, dengan tema “Memperkuat sinergis untuk percepatan pembangunan menuju lampung maju dan sejahtera”.

Selain itu juga diadakan lomba masak ikan dan bazar aneka masakan hasil perikanan tingkat Provinsi tahun 2016. Tujuan dari lomba masak serba ikan ini adalah memperkenalkan ragam unggulan olahan ikan lokal, meningkatkan keterampilan memasak ikan, dan memperkenalkan olahan ikan baru kepada masyarakat luas.

Yustin berharap, ibu-ibu lebih kreatif membuat olahan ikan agar anak-anak gemar makan ikan.

“karena ikan memiliki gizi yang tinggi untuk kecerdasan otak anak dan memiliki protein yang tinggi untuk kekebalan tubuh anak,” ujarnya.

Bahan baku yang dipilih pada lomba ini adalah ikan patin. Peserta dari 15 kabupaten dan kota harus membuat kreasi masakan ikan patin mulai dari makanan maupun minuman, dengan mencerminkan ciri khas dari masing-masing daerah.

Konsumsi ikan di Provinsi Lampung mengalami peningkatan, tercatat tahun 2013 sebesar 25,11 kg perkapita meningkat sampai tahun 2015 sebesar 26,23 kg/kapita. Namun peningkatan tersebut dinilai masih belum sesuai target melihat banyaknya potensi ikan di provinsi Lampung.

Yustin mengimbau agar kabupaten yang belum membentuk FORIKAN agar segera menyusul 13 kabupaten/kota lainnya agar peningkatan konsumsi ikan di Lampung segera terwujud dan didukung oleh semua pihak mulai dari pemerintah maupun masyarakat luas.

Yustin juga menjadi juri kehormatan, lomba terus dimenangkan oleh Tulang Bawang Barat sebagai Juara favorit , Juara harapan 2 dari Lampung Selatan, Juara harapan 1 Tanggamus, Juara 3 Metro, Juara 2 Pesawaran, Juara 1 Lampung Tengah.(*/isw)

LEAVE A REPLY