Yuk Download Game Kesenian Lampung

0
221
views
GAME: Tampilan game baru yang mengambil konsep tentang kesenian Lampung kreasi mahasiswa Darmajaya.

 

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG– Dunia anak adalah dunia bermain, tak heran jika mereka sangat menyukai permainan game. Saat ini game tidak hanya memberikan hiburan saja, tetapi juga sebagai media edukasi.

 

Hal itu menginspirasi Masruri untuk membuatgame kesenian Lampung. Game rancangan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya ini sudah dapat di download di Play Store.

 

“Saya menggunakan software adobe flash dalam merancang aplikasi game sebagai media pembelajaran pengetahuan kesenian Lampung berbasis Android. Penelitian ini saya lakukan sebagai tugas skripsi di jurusan Teknik Informatika Darmajaya,” ujarnya.

 

Masruri menjelaskan, game tersebut berisi 3 level. Level pertama berisi tentang langkah awal tokoh lampung untuk memperkenalkan slempang pinang dan gelang pipih khas lampung.

 

Level kedua, berisikanlangkah tokoh utama memperkenalkan kopiah emas beruji dan sarung tumpal khas lampung. Pada level ini terdapatgajah yang menghadang dan menembak sebagai lawan dari tokoh utama.

 

Level ketiga berisikan lawan seorang penjajah dari belanda yang terus menembakan meriamnya.Tokoh utama harus mengambil bilah keris berlekuk lima dan mahkota siger khas lampunguntuk menyelamatkan sang putri.

 

“Mudah-mudahan game ini bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para orangtua dalam memilih permainan edukatif untuk anaknya. Sebagai upaya memperkenalkan kesenian dan budaya Lampung sedari dini,” tutur pria kelahiran 6 Desember 1993 ini.

 

Menanggapi penelitian ini, Ketua jurusan Teknik Informatika Darmajaya, Yuni Arkhiansyah, SKom., MKom mengapresiasi mahasiswanya yang aktif dan kreatif melakukan penelitian.

 

Menurutnya, melalui penelitian, mahasiswa bisa menunjukkan pemahamannya terhadap ilmu yang diperoleh dari perkuliahan, dan menerapkan ide pemikirannyauntuk memecahkan masalah yang di masyarakat.

 

“Game Kesenian Lampung ini bermanfaat sebagai media pembelajaran yang dapat menambah pengetahuan kesenian, dan adat budaya Lampung. Aplikasinya sangat mudah digunakan karena sudah masuk dalam Play Store dan dapat diinstal di berbagai smartphone Android,” terangnya.(*)