. . .

Wujudkan KLA, Pemkot segera Bangun RBRA

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Pemerintah Kota Metro terus mewujudkan Kota Layak Anak (KLA). Langkah tersebut dilakukan dengan mewujudkan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA).

“Rencananya besok akan kita bahas untuk menentukan lokasi mana saja yang bisa jadi RBRA. Karena untuk menentukan lokasinya, kita harus berkoordinasi dulu dengan satker terkait,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3P2KB) Kota Metro Prayetno.

Ia mengatakan, untuk penetapan lokasi RBRA tersebut akan dipilih lokasi yang terbuka untuk anak bisa bermain. Ini seperti ruang terbuka atau taman yang tepat digunakan sebagai RBRA.

“Kalau di kota ada Taman Merdeka, lalu ada Taman Lansia yang ada di Kelurahan Yosomulyo. Lalu ada Taman Mulyojati di Kelurahan Mulyojati. Karena itu, kita akan koordinasi dulu lokasi mana saja yang bisa digunakan sebagai RBRA ini,” ungkapnya.

Diketahui, untuk saat ini sudah ada 26 sekolah di Metro yang sudah menerapkan SRA. Sasarannya yakni
bagaimana sekolah bisa menjadi rumah kedua bagi anak. Utamanya dengan menciptakan sekolah yang aman dan nyaman bagi anak. Nyaman dan aman tersebut bisa diwujudkan melalui guru, lingkungan maupun teman di sekolahnya.

Sehingga tidak ada lagi diskriminasi dan bulying. Anak juga menjadi nyaman karena gurunya yang ramah. Selain itu juga fasilitas yang tersedia juga memadai untuk anak berkembang dan berinteraksi di lingkungannya. Sehingga terwujud generasi penerus bangsa yang baik dan berprestasi. (ria)

error: Content is protected !!