Wujudkan Bandarlampung Kota Layak Anak

Pemkot Dorong dan Apresiasi Forum Diskusi Anak

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Kota Bandarlampung adalah salah satu kota yang sedang intens peduli terhadap perkembangan anak. Dalam pembangunannya, saat ini Bandarlampung sedang menuju kota layak anak. Demikian diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Bandarlampung, M. Yusuf Kohar dalam sambutannya di acara pemilihan pengurus daerah serta duta anak pada forum diskusi anak tahun 2018-2020, yang digelar di ruang Tapis Berseri, Pemerintah Kota (Pemkot) setempat, Selasa (17/4).

Untuk mewujudkan kota layak anak ini, salah satu caranya adalah melalui Forum diskusi anak, yang menjadi wadah membangun dan menumbuh kembangkan keterampilan, wawasan, kecerdasan anak-anak menuju insan Indonesia yang berkepribadian luhur.

“Didalam undang-undang terdapat sekitar 32 hak-hak anak. Yang salah satunya anak berhak menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima dan memberi informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usia anak-anak,” jelas Yusuf Kohar dalam sambutannya pada acara pemilihan pengurus daerah serta duta anak pada forum diskusi anak tahun 2018-2020.

Intinya, sambung dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung sangat mendorong dan mengapresiasi adanya kegiatan forum diskusi anak ini, karena forum ini bertujuan untuk melatih anak-anak yang mampu mengekspresikan pandangannya, berani tampil untuk membela haknya, serta menjadi anak yang peduli lingkungan.

Mudah-mudahan dengan adanya forum diskusi anak ini, bisa melahirkan kader-kader bangsa sebagai tunas muda yang mampu berpartisipasi melaluilingkungan keluarga sekolah dan lingkungan masyarakat, untuk menyalurkan aspirasinya sesuai dengan hak-hak yang dimiliki anak-anak.

“Melalui kegiatan ini, kami juga mengajak anak-anak untuk mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya, sehingga harapan kita dapat terwujud,” imbuh dia.

Yusuf Kohar juga berpesab kepada calon ketua dan pengurus Forum Diskusi Anak Kota Bandarlampung ini, bisa menjalankan amanah dengan baik, dan bisa mengedepankan program tentang pendidikan anak, kesehatan, partisipasi anak, lingkungan hidup dan perlindungan khusus anak. (jef/hkw)

News Reporter