. . .

Wisata Hutan Mangrove Pantai Sarita Ramai Didatangi Pengunjung

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Keberadaan Hutan Mangrove di Kabupaten Pesawaran saat ini sudah semakin sedikit hanya ada beberapa saja yang masih terjaga kelestariannya untuk di jadikan lokasi konservasi Hutan Mangrove.

Adapun keberadaan Hutan Mangrove yang masih terjaga kelestariannya ini bertepat disalah satu kawasan Pesisir Teluk Lampung tepatnya di Pantai Sarita berdampingan dengan Pantai Sari Ringgung di Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten pesawaran.

Lokasi hutan mangrove ini merupakan satu-satunya tempat yang akan di jadikan oleh pihak pengelola Pantai Sarita sebagai wisata Hutan Mangrove dan tempat penelitian para pelajar serta mahasiswa yang ingin melakukan penelitian tentang tumbuhan yang hidup di pinggir pantai atau yang sering di sebut pohon bakau ini.

Selain akan di jadikan wisata dan pempat penelitian pihak pengelola mengaku akan berusa semaksimal mungkin melakukan penataan di lokasi ini agar nantinya keberadan wisata Mangrove ini bisa menarik para pengunjung atau wisatawan yang ingin berlibur menikmati pemandangan dan sekedar berselfi ria di lokasi ini.

Menurut pengelola tempat Wisata Pantai Sarita Sontang bahwa keberadaan hutan mangrove di lokasi ini merupakan satu -satunya wilayah Teluk Pesisir yang masih terjaga keberadaan dan kelestarianya.

“Nah luas Hutan Mangrove yang kita akan kelola menjadi Wisata dan tempat penelitian ini kurang lebih 20 H, dan saat ini masih kita lakukan pembenahan meskipun sedik demi sedikit ,”kata Sontang saat di hubungi, Sabtu (8/9/18).

Menurut Sontang bahwa luas lahan Hutan Mangrove di wilayah ini sebenarnya lebih dari 20 Hektar, namun lahan ini tebagi beberapa pemilinya dan untuk lahan 20 H yang di kelola olehnya saat ini sedang di lakukan pembenahan untuk di jadikan wisata Hutan Mangrove dan tempat penelitian.

“Sifatnya berguyur karna terganjal masalah dana untuk menyulap hutan mangrove ini menjadi tempat wisata dan penelitian,”kata Sontang.

Meskipun keberadan lokasi ini masih dalam tahap pembenahan namun sudah banyak para pengunjung dan pelajar yang mendatangi lokasi ini meskipun hanya sekedar melihat pemandangan dan berselfi ria di lokasi ini.

“Saya tidak pernah bosan mendatangi tempat ini karna selain sejuk tempatnya juga cukup nyaman meskipun belum sempurna di kelola oleh pemiliknya ,” kata Difa salah pengunjung lokasi ini

Senada juga di ungkapkan oleh pasangan muda-mudi asal kota Bandarlampung Sinta dan mengatakan bahwa kedatangan mereka di sini ingin menikmati pemandangan dilokasi ini serta ingin berfoto bersama dengan pasangannya.

“Saya dapat cerita dari kawan yang pernah berkunjung di lokasi ini katanya ada kawasan wisata hutan mangrove di  pantai Sarita ini, makanya saya datang kelokasi ini ternyata indah juga pemandangan disini meskipun belum sempurna ditata oleh pihak pengelola,”pungkasnya. (ydn)

error: Content is protected !!