. . .

Way Kanan Panen Raya padi MT April-September 2018 Seluas 630 Ha

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BAHUGA- Petani Padi di kampung Bumi Agung Wates Kecamatan Bahuga Kabupten Way Kanan memulai panen raya padi sawah Musim Tanam (MT) April-September tahun 2018, Acara musim panen tersebut berlangsung di Sawah milik petani setempat yang dibuka oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya. Rabu (15/08).

Pada kesempatan itu, Bupati Way Kanan menjelaskan bahwa pertanian merupakan salah satu prioritas utama pembangunan di Kabupaten Way Kanan, Karena mempunyai peranan yang strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

“Dengan dukungan potensi sumber daya alam yang memadai maka hampir 80% penduduk Way Kanan bermata pencaharian di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan, dari berbagai sektor tersebut bidang tanaman pangan menjadi andalan dalam pelaksanaan pembangunan pertanian di Kabupaten Way Kanan dengan potensi luas lahan sawah ± sebesar 21.754 Ha,” jelas Adipati.

Menanggapi panen tersebut, Bupati muda itu juga mengatakan Dalam rangka meningkatkan produksi pangan masyarakat, pemerintah memberikan dukungan sarana dan prasarana bidang pertanian, ini diwujudkan dalam berbagai bentuk antaranya, bantuan sarana produksi seperti benih padi, jagung dan kedelai dan pupuk. Bantuan sarana pengendalian hama dan penyakit tanaman.  Bantuan alat dan mesin pertanian.

Selain itu Ia juga menegaskan,  terkait bantuan yang diberikan pemerintah selayaknya para petani dapat memanfaatkan secara maksimal agar bisa sesuai dengan azas manfaatnya.

“saya tegas kan kepada para petani supaya bisa memanfaatkan seluruh bantuan yang diberikan pemerintah,” Tegas nya.

Terpisah, Saat di konfirmasi oleh Translampung.com, Rabu(15/08). Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan, Maulana, menerangkan bahwa
Petani kampung Bumi Agung Wates telah mulai musim panen tanam April – September Dari luas lahan 630 Hektar Sawah.

Dari hasil panen tersebut, Lanjut Maulana, menimbulkan rata rata menghasilkan 8,4 ton / Ha gabah kering panen (gkp), Panen itu diperkirana masih akan berlangsung hingga September mendatang.

“untuk saat ini kondisi harga gabah di Petani cukup stabil yakni dengan harga rp.4.600/ kg satu orang petani dalam perhektarnya bisa meraup penghasilan diatas 30 juta rupiah per Hektar nya,” Imbuhnya.

Selain Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, turut hadir di acara panen tersebut Ketua Tim Penanggung Jawab UPSUS Provinsi Lampung, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Dandim 0427 Way Kanan, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Way Kanan, Kepala SKPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Way  Kanan, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Way Kanan, Camat Bahuga, Kepala Kampung Bumi Agung Wates. (migo).