Waspada! Jelang Ramadhan Beredar Upal di Metro, Ini Ciri-cirinya…

METRO – Telah beredar uang palsu (upal) di Kota Metro. Korban adalah Supartyah (60) penjual sayur di Pasar Margorejo, yang juga warga Margorejo, Metro Selatan.

Iyah mengatakan, dirinya mendapat uang tersebut dari pembeli yang membeli satu sisir pisang daganganya.

“Orangnya belum tua, ciri-cirinya kalau beli pakai helm, helmnya gak dilepas, dan belinya agak terburu-buru. Dia beli pisang seharga dua puluh ribu, saya kasih kembalian delapan puluh ribu,” katanya.

Menurut dia awalnya korban sempat curiga, namun ketika ditanya uang palsu atau bukan pembeli yang juga pelaku justru agak marah.

“Saya kan tanya, belum pernah dapat uang seperti ini, tapi dia agak marah pas saya tanya ke pedagang lain, yasudah kalau gak percaya, kata pembeli itu,” ungkap Iyah, Rabu (16/5/2018).

Pelaku menurutnya berumur sekitar umur 40 tahun dengan memarkirkan roda dua miliknya jauh dari pasar.

Dari pengecekan wartawan translampung.com ciri-ciri upal ini adalah: 1. Kertas lebih tebal, 2. Pada logo BI tidak pakai tinta warna tapi tinta hitam dan ketika dilihat dari samping warna tidak berubah, 3. Benang uang mudah dilepas, dan warna tidak berubah jika dilihat dari samping, 4. Uang bisa dibelah pada bagian sisinya.

Dilansir dari lampuijo.com (grup translampung.com) bahwa upal pecahan Rp50.000 sampai Rp100.000 juga ditemukan warga Metro tiga Minggu yang lalu, korban adalah Rustam (40) warga Yosodadi Metro Timur dan Aris (40) warga Imopuro, Metro Pusat.

Rustam bercerita bahwa dia dan Aris menjadi korban. “Teman saya (Aris, red) mendapatkan uang palsu, ketika dia memberi kembalian pembeli di warungnya, kalau saya dapat uang palsu dari transaksi jasa les saya,” jelas Rustam.

Menurutnya kebanyakan pembeli memilih belanja barang dengan harga yang relatif kecil.

“Kebanyakan rokok sama bensin si kalau orang makai duit palsu itu. Ya sekarang gini, misal beli rokok sepuluh ribu, kalau uangnya pecahan seratus ribu kan kembali sembilan puluh ribu ya untung banyak kan,” paparnya. (suf)

News Reporter