Waspada ! BPOM Temukan Produk Kadarluasa di Metro

0
147
views
Masyarakat diminta waspada saat membeli produk makanan kemasan dipusat perbelanjaan. foto freddy Radar Metro(Group Trans Lampung)
Masyarakat diminta waspada saat membeli produk makanan kemasan dipusat perbelanjaan. foto freddy Radar Metro(Group Trans Lampung)

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Penjualan makanan ataupun bahan makanan di pusat perbelanjaan bukan berarti  produk yang dijual layak konsumsi. Buktinya, tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIB, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Lampung bersama tim terpadu Dinas Perdagangan Kota Metro, sedikitnya telah menemukan puluhan produk makanan kadarluasa hingga kemasan rusak.

Pantauan Radarmetro.com, target pertama tim I sidak mengacak-acak pusat perbelanjaan Candra Store sampai kedalam gudang, lalu Giant Ekspres di Jl. A.Yani Iringmulyo. Sedangkan tim II sidak ke pusat perbelanjaan (PB), dan sejumlah syawalan di Bumi Sai Wawai.

Kepala BPOM Provinsi Lampung, Dra Setia Marni Sitanggang, S.Pt menyatakan sidak difokuskan pada beberapa produk makanan kemasan kaleng yang dipajang di rak-rak  maupun yang sudah dijual dalam bentuk parsel.

“Pada saat dipriksa ada puluhan produk kemasan bahan makanan, dan minuman kaleng berbagai produk, didapati sudah kadarluasa. Bahkan ada juga kondisi kaleng penyok dan berkarat,”ungkapnya, Rabu (7/6) kemarin.

Apapun alasanya, kata Setia realita dilapangan berbagai alasan ketidaktahuana atau fakor sengaja yang dilakukan oleh oknum  karyawan ataupun Manajer dengan terang-terangan memajang barang kadarluasa. Kita mintak untuk segera ditarik. Selain ditarik kita juga berikan surat teguran.

Dinas Perdagangan Kota Metro dianggap kecolongan dalam hal pengawasan produk makan diwiyah kerjanya. Ini buktinya puluhan produk makanan kadarluasa masih beredar bebas. Jangan anggap sepele masalah ini. Karna ini produk yang beredar dikonsumsi oleh masyarakat.

“Iya saya ingatkan juga agar masyarakat tetap waspada. Bila membeli makanan siap , ataupun produk makanan kemasan hendaknya dilihat kemasan lebel halal, izin BPOM, dan tanggal kadarluasa.

Sidak selama bulan Ramadhan ini akan terus dilakukan dengan tujuan memberikan rasa aman terhadap konsumen yang berbelanja,”tandasnya.(tnn)