Warga Tanggamus Antusias Sambut MTQ 2016

0
492
views
Dari Umbul-umbul hingga Kerlip Penjor Menghiasi ‎Jalinbar
KABUPATEN Tanggamus terus mempercantik diri menyongsong gelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 ‎Tingkat Provinsi Lampung. Jelas terlihat, suasana di sepanjang ruas Jalan Lintas Barat (Jalinbar) menuju Kecamatan Kotaagung, jauh berbeda dari biasanya. Beragam umbul-umbul dan kerlap-kerlip lampu hias penjor, menjadi pemandangan menarik tatkala surya mulai terbenam di ufuk barat.
Laporan A. Yogy, KOTAAGUNG
Tak hanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus, masyarakat di sekitar Kecamatan Kotaagung yang menjadi pusat lokasi MTQ pun bahu-membahu bersiap diri menyambut MTQ ke-44. Kesiapan dan nama baik Kabupaten Tanggamus sebagai tuan rumah, memang dipertaruhkan dalam gelaran religi akbar tahunan itu. Akan memuaskan atau mengecewakan? Kita lihat saja nanti saat tanggal mainnya.
Berbagai persiapan secara global, sudah lebih dari 80 persen. Mulai dari peningkatan dan perbaikan infrastruktur dari dan ke lokasi lomba, perbaikan lokasi pemondokan para peserta, hingga lokasi wisata serta taman kota yang kemungkinan dituju para tamu, terus dipercantik pemkab setempat. Bahkan masyarakat pun terlihat turut sibuk memperindah nuansa di sepanjang Jalinbar. Setiap rumah warga, kantor pemerintah, hingga sekolah yang berada di bilangan utama Jalinbar, wajib memasang umbul-umbul dan lampu hias penjor.
Benar saja, saat terangnya hari berganti dengan temaram malam, kerlap-kerlip lampu hias penjor yang dikreasi dengan beragam bentuk, menjadi pemandangan menarik bagi pengendara yang melintas. Suasana itu jelas menyiratkan, bahwa akan ada even besar di Bumi Begawi Jejama. Kesan dan imej Jalinbar yang rawan pun, luntur perlahan. Berganti dengan kesan indah nan semarak.
Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus Hi. Mukhlis Basri menegaskan, setiap kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Tanggamus diwajibkan berpartisipasi untuk memeriahkan ajang MTQ yang dijadwalkan 20 April mendatang.‎ Salah satu cara berpartisipasi tersebut adalah dengan menciptakan suasana semarak. Yaitu dengan memasang penjor (lampu hias).
“Awalnya masyarakat yang rumahnya di pinggir Jalinbar yang memasang penjor. Namun kini giliran kantor SKPD yang harus menyisihkan sedikit dananya untuk penjor ini.‎ Seluruh kantor SKPD, tanpa kecuali, harus ikut berpartisipasi. Bisa dibayangkan bagaimana meriahnya jika penjor dipasang dari Jalinbar Pugung pintu masuk Tanggamus hingga Sedayu, Kecamatan Semaka,” kata Mukhlis Basri.
Bukan hanya sekedar memasang penjor hias, rupanya juga ada target. Dalam satu kecamatan, ditarget minimal 200 penjor. Mukhlis Basri optimis, target tersebut bisa dipenuhi. Sebab total SKPD di Pemkab Tanggamus sebanyak 30 an, ditambah 20 kecamatan.
“Artinya, satu satker menyumbang sekitar 50 an penjor. Di sinilah peran camat sebagai koordinator diuji. Camat mampu atau tidak. Selain camat dan satker, kami juga meminta partisipasi dari seluruh perusahaan swasta di Tanggamus. Mereka juga harus turut berlkontribusi demi suksesnya MTQ provinsi di Tanggamus ini,” tegas mantan Kepala Dinas PU itu.
Selain memasang atribut berupa umbul-umbul dan lampu hias penjor, Pemkab Tanggamus juga gencar melakukan sosialisasi melalui media billboard, spanduk, bahkan banner yang dipasang pada kaca kendaraan dinas (randis) pejabat. Mukhlis menambahkan, pemasangan banner di kaca randis para pejabat satker juga wajib hukumnya. (*)
Foto: YOGY
SEMARAK JALINBAR SONGSONG MTQ: Beginilah kondisi Jalinbar di Pekon Teba, Kecamatan Kotaagung Timur saat malam tiba. Kerlip lampu hias pada penjor yang terpasang di kedua sisi ruas jalan, menjadi pemandangan menarik dan menciptakan kesan semarak, menyambut pelaksanaan MTQ ke-44 Tingkat Provinsi Lampung di Kecamatan Kotaagung, April ini.‎

LEAVE A REPLY