Warga Labuhan Ratu, Kedaton Tolak Pemakaman Umum di Tengah Pemukiman

0
423
views

BANDARLAMPUNG-Sekitar 70 kepala keluarga (KK) Kelurahan Labuhan Ratu, Kecamatan Kedaton, Bandarlampung, menolak keras wacana penempatan lokasi pemakaman umum (TPU) di RT 012 LK 01, lantaran berada di tengah-tengah pemukiman warga.

Selain keberadaan TPU ditengah-tengah pemukiman, juga khawatir resapan air tanah kuburan.  “Kegelisahan ini sebenarnya terjadi pada semua warga, terutama warga Kelurahan Labuhan Ratu Raya, tepatnya di RT 012 LK 01 Kecamatan Kedaton, karena TPU itu rencananya ditempat kami, kenapa tidak dicari lokasi yang sedikit jauh dari rumah-rumah warga, ini di tengah-tengah,” kata Kisman Lana, warga setempat. Minggu.(03/4)

Selain itu juga, terus Kasman, dari pihak Nazir Makam, tidak pernah ada sosiaalisasi pemberitahuan akan TPU tersebut.

“Pertama di tengah-tengah pemukiman warga, warga juga tidak pernah diajak rembugkan, musyawarah mufakat dan kami yang berdekatan dengan lokasi ini juga tidak pernah ada persetujuan (teken),” jelasnya.

Bukan hanya itu, lanjutnya, TPU yang rencananya seluas 2000 meter tersebut, yang diperuntukkan tiga kelurahan yakni Labuhan Ratu, Labuhan Ratu Raya dan Gedung Meneng yersebut, sebelumnya tanpa ada musyawarah.

“Ini fakta, kami-kami yang disini, terutama yang dekat dengan tanah makam ini, tidak ada pemberitahuan, belum pernah dilibatkan dalam musyawarah. Kedua, tanah makam itu juga, sama sekali tidak layak, karena curam, jelas rawan tanah longsor, makanya kami RT 12 menolaknya,” paparnya.

LEAVE A REPLY