. . .

Warga Gisting Tersengat Listrik ”Massal”, Satu Tewas

image_print

Foto-foto: DOK POLSEK TALANGPADANG

TERSENGAT LISTRIK – Kapolsek Talangpadang AKP Yoffi Kurniawan menjenguk salah seorang korban tersengat aliran listrik massal di Pekon Purwodadi, Gisting, Senin (3-9).

 

Empat Luka Bakar, Dua Selamat

TRANSLAMPUNG, TANGGAMUS – Kegembiraan menjelang pesta pernikahan, seketika berubah menjadi isak-tangis. Sungguh malang nasib Tusiman (36). Warga Blok 1A Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus itu, meregang nyawa lantaran tersengat aliran listrik saat bergotong-royong memasang tarup di rumah tetangganya yang hendak menggelar pesta pernikahan. Ironisnya, Tusiman tak sendirian. Dia tersengat aliran listrik bersama enam warga lainnya.

Kapolsek Talangpadang AKP Yoffi Kurniawan, membenarkan bahwa ada korban tewas tersengat listrik saat bergotong-royong memasang tarup di rumah tetangganya. Korban tersengat listrik sebanyak 7 orang.

”Yang meninggal dunia adalah Tusiman, 4 warga mengalami luka-luka, sementara 2 lainnya tidak tidak sampai terluka,” jelas Yoffi Kurniawan, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma.

Selain Tusiman, keenam korban dalam insiden tersebut, pertama adalah Agus Romhan (30), alamat Blok 1A Pekon Purwodadi. Dia mengalami luka bakar di seluruh ujung jari kaki sebelah kiri. Kedua, Asep Haryadi (25), Alamat Blok 33 Gisting Bawah. Asep mengalami luka bakar pada paha kiri, luka bakar di kedua telapak tangan, luka bakar di kaki sebelah kanan pada bagian atas telapak kaki, luka bakar di jari kelingking dan jari manis sebelah kiri.

Korban ketiga adalah Anda Wijaya (48), alamat Blok 1A Pekon Purwodadi. Andi mengalami luka bakar di jari kelingking kaki sebelah kiri. Lalu luka bakar di kedua telapak tangan. Keempat Heri Setiawan (25), alamat Blok 1A Pekon Purwodadi, mengalami sakit di bagian dada dan punggung terasa sakit. Namun tidak ada luka bakar.

”Kelima, Dian Riyadi (25) alamat Blok 33 Pekon Gisting Bawah, tidak mengalami luka. Keenam Wahyu Hidayatullah (21) alamat Blok 1A Pekon Purwodadi, tidak mengalami luka. Para korban yang mengalami luka dirawat di Rumah Sakit Secanti Gisting,” jelas Kapolsek Talangpadang.

Yoffi Kurniawan menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi-saksi kejadian bermula sekitar pukul 09.00 WIB saat para korban sedang bergotong-royong memasang tenda tarup di rumah tetangga mereka. Sebab akan dilaksanakan pesta pernikahan. Ketika para korban memegangi besi tarup, kemudian Tusiman memberikan besi panjang kepada Asep Haryadi yang berada di atas tarup.

”Tanpa mereka sadari, besi tersebut menyentuh kabel listrik bertegangan 20.000 Volt. Seketika itu, para korban langsung tersambar arus listrik, langsung terpental dan terjatuh. Para korban selanjut dilarikan ke Rumah Sakit Panti Sencanti Gisting. Sayang, nyawa Tusiman tidak terselamatkan dan jenazahnya telah diserahkan pada pihak keluarga,” jelas kapolsek.

Dari lokasi kejadian, petugas mengamakan barang bukti berupa besi panjang sekitar 5 meter, baju dan celana Tusiman yang meninggal dunia serta sendal para korban. Seluruh barang bukti saat ini diamankan di Mapolsek Talangpadang. (ayp)