Warga Dilarang Usik CAL

0
423
views
PEMATANGSAWA – Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan mensosialisasikan seputar Cagar Alam Laut (CAL) dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) saat kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Pematangsawa. Selain memperkenalkan CAL, kunker pada Jumat (25/3) dan dipusatkan di Pekon Tampangtua itu, Bambang Kurniawan ingin mengetahui secara langsung kondisi dan keluhan warga dari delapan pekon di sana.
Tujuan Bupati serta Forkopimda Tanggamus menjelaskan CAL dan TNBBS, adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat, tentang wilayah-wilayah mana yang boleh dikelola dan yang tidak boleh dikelola oleh warga. Bambang mengatakan, Cagar Alam Laut merupakan kawasan konservasi yang ditetapkan Pemerintah, untuk pemijahan biota laut.
“Demikian juga TNBBS, sebagai tempat melestarikan ekosistem hutan. Untuk itu kami imbau kepada masyarakat agar tidak melanggar ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Ada zona atau wilayah yang bisa dimanfaatkan warga. Namun ada juga yang zona yang tidak bisa disentuh masyarakat. Ini harus dipahami, karena semua ada aturannya,” ujar bupati.
Selanjutnya Kepala TNBBS Ir. Timbul Batubara yang turut melaksanakan kunker menjelaskan, CAL sebetulnya hanya sebagian kecil dari lautan bebas. CAL menjadi sarana pemeliharaan supaya terumbu karang atau biota laut. Selain itu, juga sebagai tempat ikan bertelur dan berkembang biak. Sehingga bisa dibilang, CAL adalah tempat andalan untuk terus melestarikan laut dan seluruh kehidupan di dalamnya.

LEAVE A REPLY