Warga Dilarang Lakukan Swiping Sendiri, Tanpa Koordinasi dengan Aparat Keamanan

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA – Menyikapi situasi dan kondisi menjelang Ramadhan dan Lebaran, masyarakat dilarang melakukan swiping atau razia ditempat fasilitas umum tanpa koordinasi dengan aparat keamanan.

“Saya himbau seluruh elemen masyarakat, jangan melakukan swiping dengan menutup tempat toko yang menjual miras, warung remang-remang dan warung yang menjajakan makan di siang hari. Razia ini biarlah menjadi tugas kami Polisi,TNI, dan Pemerintah daerah,” kata Kapolres Lamsel, M.Syarhan dalam penyapaiannya dalam Rapat Koordinasi Stakeholder minyikapi situasi dan kondisi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri yang berlangsung di Aula Krakatau sekretariat Pemkab Lamsel, Rabu (16/5).

Jika masyarakat melakukan swiping/razia tanpa koordinasi, lanjut Syarhan dikhawatir muncul persoalan baru terhadap gangguan keamanan ketertiban di masyarakat.

“Jika ditemukan tempat-tempat yang diduga mencurigakan, silahkan masyarakat melapor. Nanti, kami dari aparat keamanan langsung kelokasi. Bila perlu masyarakat boleh ikut bersama-bersama melakukan razia agar situasi keamanan dapat terjaga,” ujarnya.

Sementara itu, Komadan Kodim 0421 Lampung Selatan, Letnan Kolonel Arm Untoro Hariyanto mengatakan, untuk menyikapi situasi dan kondisi menjelang ramadhan dan idul fitri selalu siap dan terus menjaga Kamtibmas melalui patroli.

“Menjaga Kamtibmas ini, bukan hanya dari bagian tugas Polisi dan TNI saja. Tetapi, masalah menjaga keamanan tugas kita semua. Dandim 0421 Lamsel selalu ada untuk menjaga Kamtibmas, dengan melakukan patroli secara bersama dan berkoordinasi,” kata dia.

Ia berharap, kepada seluruh masyarakat mari secara bersama-sama untuk menciptakan suasana Kamtibmas yang aman sehingga  tidak terpengaruh seperti ditempat lain.

“Jangan mudah terprovokasi dan mudah berprasangka yang jelek dulu sebelum kita memgetahui yang sebenarnya,” kata dia. (Jhn)

 

News Reporter