. . .

Warga Bandarlampung Diimbau Gunakan Air Bersih

image_print

Hindari dari Segala Penyakit

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Warga diimbau tidak menggunakan sembarang air yang tidak terjamin kebersihannya. Hal itu untuk menghindari berbagai jenis penyakit yang dapat menjangkit di musim kemarau ini.

Kepala Dinas Kesehatan Bandarlampung Edwin Rusli menjelaskan musim kemarau seperti sekarang ini penyakit mudah menyerang manusia melalui air yang tidak sehat kemudian dikonsumsi.

Untuk itu dia mengimbau masyarakat tetap menggunakan air bersih untuk konsumsi. “Takutnya masyarakat mempergunakan air kurang sehat, misal ngambil dialiran sungai, itu jangan, apalagi kemarau air tidak bersih,” kata Edwin, Minggu (12/8).

Dia mengatakan penyakit yang rentan saat kemarau seperti ini adalah penyakit kulit, dan diare. Untuk itu masyarakat harus benar benar menghindari penggunaan air tidak bersih agar tidak terjangkit penyakit tersebut. “Biasanya kena diare penyakit kulit,” kata dia.

Jika masyarakat sudah mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih, pemkot akan mengirim bantuan air bersih yang biasa dilakukan setiap kemarau mellaui mobil mobil tangki. “Ya kalau sekarang pergunakan air dari PDAM atau dari pemda nantinya ada mobil tangki kalau memang sudah terjadi kekeringan, sekarang kan belum,” kata dia.

Dia mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan, swrta makan dan minum yang bersih, dan sehat. “Karen Penyakit yang rentan diare, batuk pilek itulah perlunya jaga kebersihan, makan makanan sehat, jaga kesehatan lingkungan dan pergunakan air bersih,” kata dia. (jef/hkw)