. . .

Walikota Serahkan Dua Unit Damkar

image_print

Pemkot Tingkatkan Pelayanan

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Senilai Rp 2,5 miliar Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung gelontorkan dalam mengantisipasi kejadian kebakaran di sekitar Kota Tapis Berseri, dua unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) siap menambah pelayanan extra kepada masyarakat sekitar.

“Ini 2 unit dulu, satu mobil ini senilai kira-kira 1,3 miliar, ini harganya sudah masuk e-catalog atau lelang online,” ujar HermanHN usai menyerahkan Kedua Mobil tersebut kepada BPBD Kota Bandarlampung, di depan Gedung Satu Atap Pemerintah kota Bandarlampung, Senin (12/11).

Herman HN mengungkapkan pada januari 2019 mendatang, pihaknya akan menambah kembali mobil damkar sebanyak 5 jenis yang nantinya akan di tempatkan pula di kecamatan sekitar kota Bandarlampung.

“Nanti Januari kita tambah 5 lagi yang kayak gini, jadi target mau 10 yang baru, total dengan yang lama 15 atau 17 mobil kita siapkan untuk apabila terjadi kecelakaan kebakaran,” ungkapnya.

“Dan ini nanti nya juga akan di tempat dikecamatan sekitar kota Bandarlampung, 2 kecamatan 1 mobil, sementara kecamatan yang berdekatan bisa saling tolong menolong, kita tempatkan di salah satu kecamatan saja,” paparnya.

Sementara, sekertaris  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota setepat, M Rizki mengungkapkan sebanyak 14 mobil Damkar siap operasional, sedangkan 3 mobil yang sudah tak bisa beroperasi karena sudah terlalu lama mobil tersebut beroperasi.

“Yang baru 4 kalau seluruhnya 14 bisa operasional, mobil pemadam sendiri kita punya 7 mobil,  ada beberapa yang enggak bisa beroperasi 3 unit yang tak bisa oprasi karena memang sudah puluhan tahun lalu kita sediakan sekita tahun 70 an 3 mobil tersebut sudah ada,” jelas Rizki.

Demikian terhadap ke 3 mobil damkar yang tak bisa beroperasi kembali, pihaknya akan membuat feald Trip bagi anak-anak Taman Kanak-kanak (Tk).

“kalau diperbaikin sepertinya agak sulit kerusakan cukup berat, belum tau akan dimusiumkan atau bagaimana lihat nanti apakah akan kita buat seperti Fealdtrip bagi anak anak tk nantinya,” terangnya.

Saat disinggung mengenai apakah dengan total keseluruhan 14 unit mobil damkar sudah mencukupi pihak BPBD untuk menjalankan tugas, menurut Rizki apabila nantinya armada mobil bertambah sebanyak 5 unit ‘Insyallah’ cukup.

“Nanti kalau ditambah 5 unit lagi insyallah cukup lah, tahun depan kan akan ada penambahan kembali ini, total armada kita saat ini 11,” tandasnya. (jef/hkw)