Wali Kota: Jangan Sewakan Ruko ke Pihak Ketiga

Pedagang Tunggu Kepastian Penempatan Pasar Wayhalim

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Walikota Bandarlampung, Herman HN minta segala urusan yang ada di Pasar Wayhalim untuk segera diselesaikan, sebelum dirinya mengambil cuti karena mencalonkan sebagai gubernur Lampung.

“Itu pokoknya segera (diselesaikan). Sebelum saya cuti semuanya harus sudah selesai,” ujarnya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Rabu (10/1).

Wali kota kembali menegaskan jika sewa kios kepada pemkot hanya boleh dilakukan oleh para pedagang, bukan orang yang hanya ingin menyewakan kepada orang lain.

“Itu nanti sewa bulanan ke pemkot. Tapi harus yang mau berdagang saja. Kalau ada yang cuma mau menyewakan saja tidak boleh, marah saya. Itu namanya menyewakan modal dari pemerintah, jelas tidak boleh,” tegas Herman HN.

Sementara, dalam sepekan terakhir, para pedagang di pasar tersebut terus menerus mempertanyakan, kapan bisa menempati lokasi yang sudah dilakukan pemugaran itu. Bahkan, hingga kini belum ada pembagian atau pengundian tempat para pedagang.

Salah satunya Rusnadi (47), yang masih menunggu kepastian pindah ke lokasi yang baru, lantaran takut tidak kebagian tempat atau lapak baru.

“Saya belum tahu dan masih menunggu sampai sekarang, kapan sebenarnya lokasi akan dibagi ke para pedagang, atau sistemnya seperti apa. Pedagang pasti takut tidak dapat lokasi,” kata dia.

Di sisi lain, Warno (42) pedagang lainnya mengungkapkan jika saat ini di tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Wayhalim sepi pembeli. Dia mengharapakan segera ada sosialisasi dan penempatan pedagang di lokasi baru.

“Masih menunggu kapan bisa pindah. Pembeli juga sepi di sini, lokasinya tidak ada tempat parkir. Semoga segera ada penjelasan mengenai kapan bisa ditempati. Kalau sudah pasti baru tenang,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pasar Wayhalim, Parlindungan Paneh mengatakan, bangunan pasar baru sudah siap dipakai. Total sudah 500 unit lapak yang dibangun, dengan perincian 232 kios dan 268 hamparan. (jef/rus)

News Reporter